Implementasi Moderasi Beragama dalam Proses Pembelajaran PAI Kelas VI di SD Negeri 56 Pontianak Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Anggara, Oki
dc.contributor.author Maulidiya, Nanda
dc.date.accessioned 2025-04-29T08:43:29Z
dc.date.available 2025-04-29T08:43:29Z
dc.date.issued 2023-12-13
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6268
dc.description.abstract NANDA MAULIDIYA. 11901070. Implementasi Moderasi Beragama dalam Proses Pembelajaran PAI Kelas VI di SD Negeri 56 Pontianak Barat. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakang bahwa SD Negeri 56 Pontianak Barat merupakan sekolah umum yang bernaung di bawah Kemendikbud hanya saja visi dari Kemenag tentang moderasi itu merambah kepada proses pembelajaran PAI di sekolah yang diamanahkan untuk diterapkan. Namun fakta awalnya prinsip moderasi belum terlaksana dengan optimal dari proses pembelajarannya. Fokus dan pertanyaan penelitian ini ada tiga yaitu: 1) Bagaimana moderasi beragama dalam perencanaan pembelajaran PAI kelas VI D di SD Negeri 56 Pontianak Barat. 2) Bagaimana moderasi beragama dalam pelaksanaan pembelajaran PAI kelas VI D di SD Negeri 56 Pontianak Barat. 3) Bagaimana moderasi beragama dalam evaluasi pembelajaran PAI kelas VI D di SD Negeri 56 Pontianak Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer yaitu guru dan siswa kelas VI D. Sumber data sekunder Waka Kurikulum SD Negeri 56 Pontianak Barat. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memanfaatkan teknik observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur serta studi dokumentasi. Untuk teknik analisis datanya melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti memanfaatkan triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian implementasi moderasi beragama dalam proses pembelajaran PAI kelas VI D di SD Negeri 56 Pontianak Barat telas disisipkan dalam tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan sudah tersisipkan dan bisa dilihat pada silabus yaitu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu pada indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, materi dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengoptimalkan pendekatan-pendekatan yaitu memanfaatkan metode ceramah dan diskusi hal ini bertujuan membangkitkan sikap moderasi beragama kepada siswa. Pada tahap evaluasi guru melaksanakan refleksi menyentuh pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran yaitu pada aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi Moderasi beragama en_US
dc.subject Moderasi Beragama en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.subject Nilai-nilai Moderasi Beragama en_US
dc.title Implementasi Moderasi Beragama dalam Proses Pembelajaran PAI Kelas VI di SD Negeri 56 Pontianak Barat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account