dc.description.abstract |
RISKA CAMELIA. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment
Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Konsep
Perpindahan Kalor Kelas V MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik muatan IPA materi konsep perpindahan kalor yang tampak pada
hasil belajar yang didapatkan peserta didik tergolong rendah, dan lebih dari setengah
jumlah peserta didik masih berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana pengaruh penerapan strategi pembelajaran poster comment
berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar peserta didik materi konsep
perpindahan kalor kelas V MIS Al-Mustaqim Sungai Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
eskperimen Quasi Eksperimental dengan menggunakan bentuk Nonrandomized control
group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V,
sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B. Dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data: Observasi, pengukuran
dan dokumentasi. Alat pengumpulan data: Lembar tes dan pedoman dokumentasi. Teknik
analisis data: Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas
kontrol dengan nilai rata-rata 75,5. Peserta didik yang belum mencapai KKM (75)
berjumlah 5 orang atau 25% sedangkan peserta didik yang mencapai KKM (75)
berjumlah 15 orang atau 75%. 2) Hasil belajar kelas eksperimen terjadi peningkatan
dengan nilai rata-rata sebesar 79,25. Peserta didik yang belum mencapai KKM (75)
sebanyak 2 orang atau 10% sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM (75)
berjumlah 18 orang atau 90%. 3) Pengaruh penerapan strategi poster comment
pembelajaran berbasis multiple intelligences, berdasarkan uji Mann Whitney untuk data
tidak berdistribusi normal dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil perhitungan Zhitung
> Ztabel dimana Zhitung adalah -2,252 dan Ztabel 1,96 maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan strategi
pembelajaran poster comment berbasis Multiple Intelligences. |
en_US |