Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Konsep Perpindahan Kalor Kelas V MIS Al-Mustaqim Sungai Raya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Camelia, Riska
dc.date.accessioned 2025-04-29T08:29:37Z
dc.date.available 2025-04-29T08:29:37Z
dc.date.issued 2023-12-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6266
dc.description.abstract RISKA CAMELIA. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Konsep Perpindahan Kalor Kelas V MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik muatan IPA materi konsep perpindahan kalor yang tampak pada hasil belajar yang didapatkan peserta didik tergolong rendah, dan lebih dari setengah jumlah peserta didik masih berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh penerapan strategi pembelajaran poster comment berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar peserta didik materi konsep perpindahan kalor kelas V MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eskperimen Quasi Eksperimental dengan menggunakan bentuk Nonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data: Observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data: Lembar tes dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data: Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75,5. Peserta didik yang belum mencapai KKM (75) berjumlah 5 orang atau 25% sedangkan peserta didik yang mencapai KKM (75) berjumlah 15 orang atau 75%. 2) Hasil belajar kelas eksperimen terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 79,25. Peserta didik yang belum mencapai KKM (75) sebanyak 2 orang atau 10% sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM (75) berjumlah 18 orang atau 90%. 3) Pengaruh penerapan strategi poster comment pembelajaran berbasis multiple intelligences, berdasarkan uji Mann Whitney untuk data tidak berdistribusi normal dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil perhitungan Zhitung > Ztabel dimana Zhitung adalah -2,252 dan Ztabel 1,96 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan strategi pembelajaran poster comment berbasis Multiple Intelligences. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Poster Comment en_US
dc.subject Berbasis Multiple Intelligences en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Konsep Perpindahan Kalor Kelas V MIS Al-Mustaqim Sungai Raya en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account