Abstract:
INDRI APRILIANI. Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunawicara Di
Kelas VII Slb Kinasih Pontianak Barat Tahun Ajaran 2022/2023 M. Skiripsi.
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak.
2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas guru dalam mengajarkan
pembelajaran huruf hijaiyah kepada siswa yang memiliki keterbatasan berbicara
atau disebut dengan tunawicara. Padahal dalam hal ini guru tidak dipersiapkan
dengan keterampilan menggunakan bahasa isyarat sehingga guru harus belajar
terlebih dahulu dalam menguasai bahasa isyarat. Penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh deskripsi 1. Metode yang digunakan pendidik dalam mengajarkan
huruf hijaiyah pada anak tunawicara. 2. Media yang digunakan pendidik dalam
mengajarkan huruf hijaiyah pada anak tunawicara. 3. langkah-langkah mengenai
pembelajaran huruf hijaiyah pada peserta didik tunawicara di SMPLB Kinasih
Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data dan sumber
dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan kepala tata usaha
smplb kinasih Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi
wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data,
peneliti melakukan analisis pengumpulan data, reduksi data, display data dan
penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data
peneliti menggunakan pemeriksaan triangulasi dan mengadakan member chek.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran huruf
hijaiyah pada peserta didik tunawicara di SMPLB Kinasih Pontianak yaitu:
1. Metode ceramah, metode tanya jawab dan metode bahasa isyarat/abjad jari.
2. Media gambar dengan menggunakan bahasa isyarat 3. Langkah-langkah
pembelajaran huruf hijaiyah ialah dengan menggunakan beberapa tahapan.
Tahapan pertama adalah tahapan pengenalan huruf hijaiyah dengan menggunakan
bahasa isyarat. Tahapan kedua adalah tahap mengurai dan menggungkapkan huruf
hijaiyah dengan menggunakan bahasa isyarat yang benar. tahapan ketiga adalah
tahapan membaca, menghafal dan mengingat huruf hijaiyah yang sudah dijelaskan
guru dengan menggunakan bahasa isyarat. Tahapan ke empat adalah tahapan
mengulang kembali pembelajaran.