Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunawicara Di Kelas VII Slb Kinasih Pontianak Barat Tahun Ajaran 2022/2023 M

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author Apriliani, Indri
dc.date.accessioned 2025-04-29T07:26:57Z
dc.date.available 2025-04-29T07:26:57Z
dc.date.issued 2024-01-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6261
dc.description.abstract INDRI APRILIANI. Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunawicara Di Kelas VII Slb Kinasih Pontianak Barat Tahun Ajaran 2022/2023 M. Skiripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak. 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas guru dalam mengajarkan pembelajaran huruf hijaiyah kepada siswa yang memiliki keterbatasan berbicara atau disebut dengan tunawicara. Padahal dalam hal ini guru tidak dipersiapkan dengan keterampilan menggunakan bahasa isyarat sehingga guru harus belajar terlebih dahulu dalam menguasai bahasa isyarat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi 1. Metode yang digunakan pendidik dalam mengajarkan huruf hijaiyah pada anak tunawicara. 2. Media yang digunakan pendidik dalam mengajarkan huruf hijaiyah pada anak tunawicara. 3. langkah-langkah mengenai pembelajaran huruf hijaiyah pada peserta didik tunawicara di SMPLB Kinasih Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data dan sumber dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan kepala tata usaha smplb kinasih Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan analisis pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan pemeriksaan triangulasi dan mengadakan member chek. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran huruf hijaiyah pada peserta didik tunawicara di SMPLB Kinasih Pontianak yaitu: 1. Metode ceramah, metode tanya jawab dan metode bahasa isyarat/abjad jari. 2. Media gambar dengan menggunakan bahasa isyarat 3. Langkah-langkah pembelajaran huruf hijaiyah ialah dengan menggunakan beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah tahapan pengenalan huruf hijaiyah dengan menggunakan bahasa isyarat. Tahapan kedua adalah tahap mengurai dan menggungkapkan huruf hijaiyah dengan menggunakan bahasa isyarat yang benar. tahapan ketiga adalah tahapan membaca, menghafal dan mengingat huruf hijaiyah yang sudah dijelaskan guru dengan menggunakan bahasa isyarat. Tahapan ke empat adalah tahapan mengulang kembali pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran Huruf Hijaiyah en_US
dc.subject Tunawicara en_US
dc.title Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunawicara Di Kelas VII Slb Kinasih Pontianak Barat Tahun Ajaran 2022/2023 M en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account