Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dibantu Media Panlintarmatika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Di SD Negeri 11 Rasa Jaya Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Indriani, Lily
dc.date.accessioned 2025-04-29T03:28:42Z
dc.date.available 2025-04-29T03:28:42Z
dc.date.issued 2024-01-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6254
dc.description.abstract LILY INDRIANI, Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dibantu Media Panlintarmatika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Di SD Negeri 11 Rasau Jaya Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas 5 sebelum diterapkan model cooperative learning tipe Jigsaw dibantu media panlintarmatika pada pembelajaran operasi hitung perkalian pecahan. 2) Langkah-langkah penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw dibantu media panlintarmatika peserta didik kelas 5 pada pembelajaran operasi hitung perkalian pecahan. 3) Hasil belajar peserta didik kelas 5 setelah diterapkan model cooperative learning tipe Jigsaw dibantu media panlintarmatika pada pembelajaran operasi hitung perkalian pecahan. 4) Pengaruh model cooperative learning tipe Jigsaw dibantu media panlintarmatika terhadap hasil belajar peserta didik kelas 5 pada pembelajaran operasi hitung perkalian pecahan di SD Negeri 11 Rasau Jaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest desaign. Lokasi penelitian bertempat di SD Negeri 11 Rasau Jaya. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw dibantu media panlintarmatika masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata 43. 2) Keterlaksanaan pembelajaran disusun berdasarkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan selama proses pembelajaran. 3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw dibantu media panlintarmatika adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata 84. 4) Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Jigsaw dibantu media papan perkalian pintar matematika (panlintarmatika) terhadap hasil belajar peserta didik kelas 5 di SD Negeri 11 Rasau Jaya tahun ajaran 2023/2024. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengaruh Model en_US
dc.subject Cooperative Learning en_US
dc.subject Tipe Jigsaw en_US
dc.subject Dibantu Media en_US
dc.subject Panlintarmatika en_US
dc.subject Terhadap Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dibantu Media Panlintarmatika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Di SD Negeri 11 Rasa Jaya Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account