Abstract:
Kehadiran media pembelajaran sangat penting dalam proses belajar
mengajar. Media adalah suatu alat yang gunanya untuk mentransfer ilmu
pengetahuan. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Jennah (2009:2) yang
menyebutkan bahwa “media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat
merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa kegiatan
pemebelajaran untuk mencapai tujuan tertentu”. Fokus penelitian ini adalah
Pengembangan Media Big Book dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di
SMP AL-AMIN Sungai Raya yang dibatasi pada siswa kelas VII tahun
pelajaran 2022/2023. Masalah Umum tersebut diatas, maka perlu peneliti
jabarkan dalam Sub – sub masalah berikut ini : 1. Bagaimana penggunaan
media big book dalam pembelajaran Materi Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Pada Siswa Kelas VII di SMP AL-AMIN Sungai Raya ? 2. Bagaimana hasil
belajar siswa Sebelum dan Setelah penggunaan media big book dalam
Materi Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VII di SMP AL
AMIN Sungai Raya? 3. Apakah terdapat Pengaruh penggunaan media big
book dalam pembelajaran Materi Pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap
Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII di SMP AL-AMIN Sungai Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang berdesain “pretest
posttest” Hal ini dikarenakan tujuan dari penelitian ini adalah mencari efek
dari perlakuan yang diberikan.