Abstract:
TIARA RAHMA SAPITRI, 11907090 Analisis Strategi Pemasaran
Mesin Electronik Data Capture (EDC) BSI KCP Ahmad Yani Pontianak:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran mesin
elektronik data capture (EDC) BSI KCP Ahmad Yani Pontianak, serta untuk
mengetahui bagaimana strategi pemasaran Mesin Electronic Data Capture
(EDC) BSI KCP Ahmad Yani Pontianak dan bagaimanakah hambatan
dalam pemasaran Mesin Electronic Data Capture (EDC) pada BSI KCP
Ahmad Yani Pontianak. Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian
kualitatif deskriptif dan untuk sumber data primer yang diperoleh melalui
kegiatan observasi, wawancara dan juga dokumentasi serta sumber data
sekunder yang diperoleh dari jurnal-jurnal mengenai analisis strategi
pemasaran, laporan-laporan serta dokumen-dokumen dari pihak lain yang
berkaitan dengan objek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis strategi pemasaran
mesin Electronic Data Capture (EDC) pada Bank Syariah Indonesia KCP
Ahmad Yani Pontianak sesuai dengan teori pemasaran, adapun strategi
pemasaran yang dilakukan BSI KCP Ahmad Yani dalam memasarkan
produk terdiri dari tiga, yaitu: Pasing (terjun langsung kelapangan), Open
table (kegiatan ke instansi langsung), Grebek pasar (kegiatan turun langsung
kepasaran). Hambatan dalam pemasaran mesin Electronic Data Capture
(EDC) BSI KCP Ahmad Yani Pontianak tidak ada hambatan internal dalam
memasarkan mesin EDC, tetapi hambatan eksternalnya tergantung dari
nasabah itu sendir karena ada beberapa nasabah yang keberatan terkait
dengan persyaratan pembukaan rekening Electronic Data Capture.