Abstract:
Sulis Sutiawati. Peran Wali Kelas Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa
Kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023,
Pontianak: Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran wali kelas dalam membentuk
karakter disiplin dengan fokus penelitian yaitu; Pertama, mendeskripsikan karakter
disiplin siswa kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya. Kedua,
mendeskripsikan peran wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas
VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya. Ketiga, mendeskripsikan apa saja
faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi wali kelas dalam membentuk
karakter disiplin siswa kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode instrumen.
Sumber data dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data yaitu; observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; kondensasi data, display
data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan data berupa
trianggulasi, dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1). Siswa
kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin masih belum memenuhi indikator disiplin,
yaitu; siswa belum sepenuhnya mengikuti aturan dan peraturan, siswa belum
sepenuhnya memakai seragam sesuai dengan ketentuan madrasah, dan belum
sepenuhnya mengikuti KBM dengan tertib. (2). Peran wali kelas dalam membentuk
karakter disiplin siswa terlihat wali kelas selalu konsisten menjadi contoh teladan,
memberikan arahan dan bimbingan, mengatasi pelanggaran disiplin, membangun
hubungan yang baik dengan siswa dan orang tua, memonitor perkembangan siswa,
serta menyampaikan aturan. (3). Faktor pendukung internal dalam membentuk
karakter disiplin siswa di kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya, yaitu;
kesadaran diri. Faktor pendukung eksternalnya yaitu; (1). Dukungan orang tua, (2).
Lingkungan sekolah dan (3). Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan karate.
Sedangkan faktor penghambat internal dalam karakter disiplin siswa kelas VIII A
MTs Khulafaur Rasyidin yaitu; kesadaran diri. Dan faktor penghambat
eksternalnya yaitu; (1). Kurang maksimalnya pengisian kartu pelanggaran oleh
ketua kelas maupun guru mapel, dan (2). Pengaruh dari teman-temannya.