Peran Wali Kelas Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Sutiawati, Sulis
dc.date.accessioned 2025-04-24T14:56:16Z
dc.date.available 2025-04-24T14:56:16Z
dc.date.issued 2023-12-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6205
dc.description.abstract Sulis Sutiawati. Peran Wali Kelas Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023, Pontianak: Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran wali kelas dalam membentuk karakter disiplin dengan fokus penelitian yaitu; Pertama, mendeskripsikan karakter disiplin siswa kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya. Kedua, mendeskripsikan peran wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya. Ketiga, mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode instrumen. Sumber data dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu; observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; kondensasi data, display data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan data berupa trianggulasi, dan member check. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1). Siswa kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin masih belum memenuhi indikator disiplin, yaitu; siswa belum sepenuhnya mengikuti aturan dan peraturan, siswa belum sepenuhnya memakai seragam sesuai dengan ketentuan madrasah, dan belum sepenuhnya mengikuti KBM dengan tertib. (2). Peran wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa terlihat wali kelas selalu konsisten menjadi contoh teladan, memberikan arahan dan bimbingan, mengatasi pelanggaran disiplin, membangun hubungan yang baik dengan siswa dan orang tua, memonitor perkembangan siswa, serta menyampaikan aturan. (3). Faktor pendukung internal dalam membentuk karakter disiplin siswa di kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya, yaitu; kesadaran diri. Faktor pendukung eksternalnya yaitu; (1). Dukungan orang tua, (2). Lingkungan sekolah dan (3). Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan karate. Sedangkan faktor penghambat internal dalam karakter disiplin siswa kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin yaitu; kesadaran diri. Dan faktor penghambat eksternalnya yaitu; (1). Kurang maksimalnya pengisian kartu pelanggaran oleh ketua kelas maupun guru mapel, dan (2). Pengaruh dari teman-temannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Wali Kelas en_US
dc.subject Disiplin en_US
dc.title Peran Wali Kelas Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VIII A MTs Khulafaur Rasyidin Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account