Abstract:
NICKA AFRIDA. 2023. Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya
Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru PAI dalam meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya. Berdasarkan hasil pra
wawancara diperoleh bahwa guru PAI telah memaksimalkan peran dirinya untuk
meningkatkan hasil belajar PAI siswa dengan baik. Kemudian hasil pra observasi
diperoleh bahwa banyak siswa yang keluar masuk kelas, kurang bersemangat
pada saat kegiatan belajar mengajar, dan siswa lebih suka ribut. Kemudian proses
pembelajaran hanya dari satu sumber yaitu buku paket.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) Peran guru
PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Pulau
Maya, 2) Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan
hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya, 3) Upaya guru PAI
mengatasi faktor penghambat dan meningkatkan faktor pendukung dalam
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
untuk memperoleh data. Sumber data penelitian ini adalah guru PAI dan dua
siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan metode deskriptif model Miles dan Hubarman dengan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data
dan member check.
Berdasarkan data dan hasil analisis, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1)
Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa sudah cukup baik,
meliputi peran sebagai pengajar, pendidik, pelatih, fasilitator, motivator, dan
evaluator, 2) Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung guru PAI dalam
meningkatkan hasil belajar siswa terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal yang
meliputi: kecerdasan/intelegensi, bakat, minat, & motivasi, serta faktor eksternal
yang meliputi: keluarga, sekolah, & lingkungan masyarakat, 3) Upaya mengatasi
faktor penghambat dan meningkatkan faktor pendukung guru PAI dalam
peningkatan hasil belajar siswa, antara lain dengan melakukan pendekatan dan
bimbingan, melakukan kerja sama dengan orang tua/wali siswa, memberikan
penghargaan, dan menyediakan sumber daya tambahan yang relevan.