Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author Afrida, Nicka
dc.date.accessioned 2025-04-23T06:32:45Z
dc.date.available 2025-04-23T06:32:45Z
dc.date.issued 2023-12-18
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6192
dc.description.abstract NICKA AFRIDA. 2023. Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya. Berdasarkan hasil pra wawancara diperoleh bahwa guru PAI telah memaksimalkan peran dirinya untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa dengan baik. Kemudian hasil pra observasi diperoleh bahwa banyak siswa yang keluar masuk kelas, kurang bersemangat pada saat kegiatan belajar mengajar, dan siswa lebih suka ribut. Kemudian proses pembelajaran hanya dari satu sumber yaitu buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya, 2) Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya, 3) Upaya guru PAI mengatasi faktor penghambat dan meningkatkan faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk memperoleh data. Sumber data penelitian ini adalah guru PAI dan dua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles dan Hubarman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan member check. Berdasarkan data dan hasil analisis, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa sudah cukup baik, meliputi peran sebagai pengajar, pendidik, pelatih, fasilitator, motivator, dan evaluator, 2) Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal yang meliputi: kecerdasan/intelegensi, bakat, minat, & motivasi, serta faktor eksternal yang meliputi: keluarga, sekolah, & lingkungan masyarakat, 3) Upaya mengatasi faktor penghambat dan meningkatkan faktor pendukung guru PAI dalam peningkatan hasil belajar siswa, antara lain dengan melakukan pendekatan dan bimbingan, melakukan kerja sama dengan orang tua/wali siswa, memberikan penghargaan, dan menyediakan sumber daya tambahan yang relevan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject Budi Pekerti en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pulau Maya Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account