Abstract:
SUTIJAH, Pelaksanaan Salat Dhuha Berjama’ah UntukMembentuk Akhlak
Terpuji Peserta Didik Kelas VII MTs Ma’arif Pemahan Kecamatan Pemahan
Kabupaten Ketapang: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap peran
Pelaksanaan Salat Dhuha Berjama’ah Untuk Membentuk Akhlak Terpuji Peserta
Didik Kelas VII MTs Ma’arif Pemahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkap: 1) Pelaksanaan salat dhuha berjama’ah di MTs Ma’arif Pemahan
Kecamatan Pemahan Kabupaten Ketapang; 2) Kendala pelaksanaan salat dhuha
berjama’ah di MTs Ma’arif Pemahan Kecamatan Pemahan Kabupaten Ketapang;
3) Dampak pelaksanaan salat dhuha berjama’ah terhadap akhlak peserta didik kelas
VII di MTs Ma’arif Pemahan Kecamatan Pemahan Kabupaten Ketapang
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menggunakan analisis
deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber
sekunder, yaitu 1) Sumber primer adalah Kepala MTs Ma’arif Pemahan, Guru MTs
Ma’arif Pemahan, dan Peserta didik MTs Ma’arif Pemahan; 2) Sumber sekunder
adalah dokumen resmi yang didapat di MTs Ma’arif Pemahan. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi dengan alat instrumen chek-list dan catatan lapangan, pedoman
wawancara, alat perekam suara dan camera. Analisis data berupa pengumpulan
data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan Kegiatan Salat Dhuha
di MTs Ma’arif Pemahan dilaksanakan pukul 07:00 sampai 07:15 dilaksanakan di
Mushala MTs Ma’arif Pemahan Kecamatan Pemahan Kabupaten Ketapang. 2)
Kendala Dalam Pelaksanaan Salat Dhuha di MTs Ma’arif Pemahan masih banyak
peserta didik yang tidak serius, kurangnya partisipasi guru pada program, kurang
waktu 3) Dampak pelaksanaan salat dhuha di MTs Ma’arif Pemahan dapat
dikatakan cukup baik, dilihat dari sifat positif peserta didik yang tumbuh dalam
kebiasaan beribadah kepada Allah, memiliki hubungan yang baik sesame teman,
bersifat ikhlas, tawakal, dan sabar.