Abstract:
Riska Pitriyanti (11903106) Analisis Fundraising Dana Zakat
Berbasis Media Sosial Di Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI). Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Fundraising yang
dilakukan oleh Baitulmaal Munzalan Indonesia; 2) Pola transparansi pada
Baitulmaal Munzalan Indonesia : 3) Sikap masyarakat terhadap Fundraising
berbasis media sosial yang dilakukan oleh Baitulmaal Munzalan Indonesia.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Jenis
penelitian ini secara khusus deskriptif dan analisis dan pendekatan yuridis
empiris. Sumber data menggunakan data primer berupa wawancara dari
pengelola Baitulmaal Munzalan Indonesia yang telah ditentukan subjeknya,
yaitu Kepala Unit Costumer Service Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI)
dan Staf Costumer Servive. Sedangkan data sekunder berupa catatan atau
laporan yang disimpan oleh pengelola baitulmaal yang dapat dijadikan
sebagai penguat dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data,
peneliti melakukan reduksi data, dikategorikan dan desensitisasi atau
disimpulkan. Kemudian, data tersebut diperiksa keabsahanya dengan
melakukan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fundraising di Baitulmaal
Munzalan Indonesia melalui 2 cara yaitu Direct Fundraising dan Inderect
Fundraising, dalam pelaksanaannya Inderect Fundraising lebih efektif dalam
mengumpulkan dana ZISWAF dikarenakan akses yang digunakan melalui
media sosial yang mampu menjangkau muzaki yang lebih luas; 2) Pola
peningkatan transparansi pengelolaan zakat yang dilakukan Baitulmaal
Munzalan Indonesia dengan cara mempublikasi laporan penerimaan dan
penyaluran ZISWAF ke Media sosial seperi Instagram, Youtube dan
Facebook.; 3) Sikap masyarakat terhadap program Baitulmaal Munzalan
Indonesia sangat baik karena programnya dirasakan sangat