Analisis Fundraising Dana Zakat Berbasis Media Sosial Di Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Kalbarini, Rahmah Yulisa
dc.contributor.advisor Iqbal, Ichsan
dc.contributor.advisor Bilhaq, M. Agus Muhtadi
dc.contributor.author Pitriyanti, Riska
dc.date.accessioned 2025-04-15T04:07:57Z
dc.date.available 2025-04-15T04:07:57Z
dc.date.issued 2023-11-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6158
dc.description.abstract Riska Pitriyanti (11903106) Analisis Fundraising Dana Zakat Berbasis Media Sosial Di Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Fundraising yang dilakukan oleh Baitulmaal Munzalan Indonesia; 2) Pola transparansi pada Baitulmaal Munzalan Indonesia : 3) Sikap masyarakat terhadap Fundraising berbasis media sosial yang dilakukan oleh Baitulmaal Munzalan Indonesia. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian ini secara khusus deskriptif dan analisis dan pendekatan yuridis empiris. Sumber data menggunakan data primer berupa wawancara dari pengelola Baitulmaal Munzalan Indonesia yang telah ditentukan subjeknya, yaitu Kepala Unit Costumer Service Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI) dan Staf Costumer Servive. Sedangkan data sekunder berupa catatan atau laporan yang disimpan oleh pengelola baitulmaal yang dapat dijadikan sebagai penguat dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti melakukan reduksi data, dikategorikan dan desensitisasi atau disimpulkan. Kemudian, data tersebut diperiksa keabsahanya dengan melakukan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fundraising di Baitulmaal Munzalan Indonesia melalui 2 cara yaitu Direct Fundraising dan Inderect Fundraising, dalam pelaksanaannya Inderect Fundraising lebih efektif dalam mengumpulkan dana ZISWAF dikarenakan akses yang digunakan melalui media sosial yang mampu menjangkau muzaki yang lebih luas; 2) Pola peningkatan transparansi pengelolaan zakat yang dilakukan Baitulmaal Munzalan Indonesia dengan cara mempublikasi laporan penerimaan dan penyaluran ZISWAF ke Media sosial seperi Instagram, Youtube dan Facebook.; 3) Sikap masyarakat terhadap program Baitulmaal Munzalan Indonesia sangat baik karena programnya dirasakan sangat en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Fundraising Dana Zakat en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Baitulmaal Munzalan en_US
dc.title Analisis Fundraising Dana Zakat Berbasis Media Sosial Di Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account