Abstract:
TRI KURNIA, Pengaruh Penerapan Metode Pembiasaan Terhadap
Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini Kelas A di TK Islamiyah
Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembiasaan
pada anak usia dini, mengetahui pengaruh penerapan metode pembiasaan terhadap
perkembangan agama dan moral anak usia dini kelas A di TK Islamiyah Pontianak
serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembiasaan
terhadap perkembangan agama dan moral anak usia dini kelas A di TK Islamiyah
Pontianak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen desain quasi experiment teknik time series design. desain kuantitatif.
Adapun variabel bebas nya adalah metode pembiasaan dan variabel terikatny
adalah nilai agama dan moral. Penelitian ini dilakukan di TK Islamiyah Pontianak
dengan sampel penelitian kelas sebanyak 5 orang dari jumlah populasi peserta
didik di TK Islamiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah
observasi, teknik dokumentasi berupa foto gambar. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan ialah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis (uji normalitas,
linearitas), analisis statistik inferensi (uji paired sample test, n gain score) dan
hipotesis statistik.
Adapun hasil penelitian ini ialah penerapan metode pembiasaan yang
dilakukan peneliti terhadap hasil perkembangan agama dan moral anak usia dini
kelas A di TK Islamiyah Pontianak telah baik dan sesuai dengan langkah-langkah
penerapan metode pembiasaan serta sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran harian
di TK Islamiyah Pontianak. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikasi paired
sample t test yang dimana nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05, maka Ho
ditolak dan Ha diterima hal ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara
hasil nilai agama dan moral pretest dan posttest yang artinya ada pengaruh yang
signifikan dalam menggunakan metode pembiasaan. Untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh maka peneliti melakukan uji n gain score yang dimana hasil uji n
gain score pada kelas pretest dalam kategori rendah sedangkan kelas posttest
dalam kategori rata-rata. Hal ini menunjukkan pengunaan metode pembiasaaan
memiliki pengaruh tinggi untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak usia
dini kelas A di TK Islamiyah Pontianak.