Pengaruh Penerapan Metode Pembiasaan Terhadap Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini Kelas A di TK Islamiyah Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author Kurnia, Tri
dc.date.accessioned 2025-04-14T04:07:23Z
dc.date.available 2025-04-14T04:07:23Z
dc.date.issued 2023-11-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6147
dc.description.abstract TRI KURNIA, Pengaruh Penerapan Metode Pembiasaan Terhadap Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini Kelas A di TK Islamiyah Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembiasaan pada anak usia dini, mengetahui pengaruh penerapan metode pembiasaan terhadap perkembangan agama dan moral anak usia dini kelas A di TK Islamiyah Pontianak serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembiasaan terhadap perkembangan agama dan moral anak usia dini kelas A di TK Islamiyah Pontianak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen desain quasi experiment teknik time series design. desain kuantitatif. Adapun variabel bebas nya adalah metode pembiasaan dan variabel terikatny adalah nilai agama dan moral. Penelitian ini dilakukan di TK Islamiyah Pontianak dengan sampel penelitian kelas sebanyak 5 orang dari jumlah populasi peserta didik di TK Islamiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, teknik dokumentasi berupa foto gambar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis (uji normalitas, linearitas), analisis statistik inferensi (uji paired sample test, n gain score) dan hipotesis statistik. Adapun hasil penelitian ini ialah penerapan metode pembiasaan yang dilakukan peneliti terhadap hasil perkembangan agama dan moral anak usia dini kelas A di TK Islamiyah Pontianak telah baik dan sesuai dengan langkah-langkah penerapan metode pembiasaan serta sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran harian di TK Islamiyah Pontianak. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikasi paired sample t test yang dimana nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima hal ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara hasil nilai agama dan moral pretest dan posttest yang artinya ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan metode pembiasaan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh maka peneliti melakukan uji n gain score yang dimana hasil uji n gain score pada kelas pretest dalam kategori rendah sedangkan kelas posttest dalam kategori rata-rata. Hal ini menunjukkan pengunaan metode pembiasaaan memiliki pengaruh tinggi untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak usia dini kelas A di TK Islamiyah Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Pembiasaan en_US
dc.subject Nilai Agama en_US
dc.subject Moral en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Metode Pembiasaan Terhadap Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini Kelas A di TK Islamiyah Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account