dc.description.abstract |
SOFHIA PRATIWI, Penggunaan Strategi Reading Aloud Untuk
Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri 04 Bengkayang. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang dihadapi peserta didik
dalam keterampilan membaca masih sangat rendah peserta didik kurang berani,
takut dan kurang percaya diri untuk berbicara didepan kelas penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Indonesia.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 04 Bengkayang dengan sumber
data adalah peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data berupa observasi, test,
dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, test berupa test
lisan. Analisi data berupa analisi persentase.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Keterampilan peserta didik dalam membaca sebelum digunakan strategi
reading aloud memperoleh jumlah total yaitu 1.095 dengan skor rata-rata yaitu 39,
10%. Adapun jika disetarakan dengan persentase diperoleh hasil sebanyak 14% dan
dikategorikan SK (Sangat Kurang), sehingga masih perlu dilakukan tindakan dalam
beberapa siklus untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik 2) Langkah
langkah penggunaan strategi reading aloud untuk meningkatkan keterampilan
peserta didik dalam membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia sudah
dilaksanakan oleh guru sesuai dengan langkah-langkah penggunaan strategi
Reading Aloud, hal ini di tunjukkan pada siklus I dapat terlaksana 63,63% dan
siklus II terlaksana 90,90% 3) Keterampilan peserta didik dalam membaca sesudah
digunakan strategi reading aloud terjadi peningkatan. Pada pratindakan peserta
didik yang mencapai KKM hanya 4 peserta didik dengan nilai rata-rata 39, 10
persentase 14%. Siklus I terdapat 17 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata
59, 46 persentase 60%. Siklus II terdapat 25 peserta didik yang tuntas dengan nilai
rata-rata 69, 64 persentase 89% 4) Terdapat peningkatan keterampilan peserta didik
dalam membaca sebelum dan sesudah digunakan strategi reading aloud pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Bengkayang Tahun ajaran
2022/2023. Pada siklus I menunjukan peningkatan yang cukup baik dengan
presentasi 60% dan pada siklus II menunjukan peningkatan yang sangat signifikan
dengan presentasi 89%. Dan hasil yang diperoleh diatas pada siklus I dan siklus II
maka menunjukan ada peningkatan terhadap nilai peserta didik yang mana yang
memperoleh nilai diatas 60 meningkat dari siklus I ke siklus II. |
en_US |