Penggunaan Strategi Reading Aloud Untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri 04 Bengkayang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Jannah, Roikhatul
dc.contributor.author Pratiwi, Sofhia
dc.date.accessioned 2025-04-14T03:07:55Z
dc.date.available 2025-04-14T03:07:55Z
dc.date.issued 2023-11-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6145
dc.description.abstract SOFHIA PRATIWI, Penggunaan Strategi Reading Aloud Untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri 04 Bengkayang. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang dihadapi peserta didik dalam keterampilan membaca masih sangat rendah peserta didik kurang berani, takut dan kurang percaya diri untuk berbicara didepan kelas penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 04 Bengkayang dengan sumber data adalah peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data berupa observasi, test, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, test berupa test lisan. Analisi data berupa analisi persentase. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Keterampilan peserta didik dalam membaca sebelum digunakan strategi reading aloud memperoleh jumlah total yaitu 1.095 dengan skor rata-rata yaitu 39, 10%. Adapun jika disetarakan dengan persentase diperoleh hasil sebanyak 14% dan dikategorikan SK (Sangat Kurang), sehingga masih perlu dilakukan tindakan dalam beberapa siklus untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik 2) Langkah langkah penggunaan strategi reading aloud untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia sudah dilaksanakan oleh guru sesuai dengan langkah-langkah penggunaan strategi Reading Aloud, hal ini di tunjukkan pada siklus I dapat terlaksana 63,63% dan siklus II terlaksana 90,90% 3) Keterampilan peserta didik dalam membaca sesudah digunakan strategi reading aloud terjadi peningkatan. Pada pratindakan peserta didik yang mencapai KKM hanya 4 peserta didik dengan nilai rata-rata 39, 10 persentase 14%. Siklus I terdapat 17 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 59, 46 persentase 60%. Siklus II terdapat 25 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 69, 64 persentase 89% 4) Terdapat peningkatan keterampilan peserta didik dalam membaca sebelum dan sesudah digunakan strategi reading aloud pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Bengkayang Tahun ajaran 2022/2023. Pada siklus I menunjukan peningkatan yang cukup baik dengan presentasi 60% dan pada siklus II menunjukan peningkatan yang sangat signifikan dengan presentasi 89%. Dan hasil yang diperoleh diatas pada siklus I dan siklus II maka menunjukan ada peningkatan terhadap nilai peserta didik yang mana yang memperoleh nilai diatas 60 meningkat dari siklus I ke siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Reading Aloud en_US
dc.subject Keterampilan Membaca en_US
dc.title Penggunaan Strategi Reading Aloud Untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri 04 Bengkayang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account