Abstract:
PUTRI MARETHA (12001090), Penguatan Karakter Religius Dalam
Ekstrakurikuler Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pada Peserta Didik
SMPIT Nurul Wahdah Pontianak. Skripsi : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
(FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negri
(IAIN) Pontianak, 2024.
Skirpsi ini bertujuan: satu, untuk mendeskirpsikan bagaimana pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMPIT
Nurul Wahdah Pontianak; dua, untuk mendeskirpsikan karakter religius peserta
didik SMPIT Nurul Wahdah Pontianak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah; tiga, untuk mendeskirpsikan upaya
penguatan karakter religius peserta didik SMPIT Nurul Wahdah Pontianak
melalui kegiatan ekstrakurikuler Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMPIT Nurul Wahdah
Pontianak, sumber data penelitian koordinator ekstrakurikuler beladiri Tapak
Suci, pelatih Tapak Suci dan peserta didik yang mengikuti beladiri Tapak Suci.
Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi.
Sedangkan untuk pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi, member
check dan catatan lapangan.
Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang diperoleh, maka
dapat disimpulkan bahwa: satu, hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMPIT
Nurul Wahdah Pontianak. a) Kegiatan awal. b) Kegiatan inti c) Kegiatan penutup.
Dua, karakter religius peserta didik SMPIT Nurul Wahdah Pontianak yang
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah.
a) Nilai ibadah b) Nilai ruhul jihad c) Nilai akhlak dan kedisiplinan d) Nilai
keteladanan e) Nilai amanah dan ikhlas. Tiga, upaya penguatan karakter religius
peserta didik SMPIT Nurul Wahdah Pontianak melalui kegiatan ekstrakurikuler
beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah. a) Metode keteladanan b) Metode
pembiasaan c) Metode nasihat d) Metode pengawasan e) Metode hukuman.