Abstract:
LODIYA "Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat". Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Masalah kepercayaan dan profesionalitas menjadi persyaratan penting bagi lembaga-lembaga zakat saat ini dan ke depannya. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga Amil Zakat (LAZ) dibutuhkan tata kelola organisasi yang baik, yaitu terciptanya akuntabilitas transparansi dan kualitas layanan yang baik pada Lembaga Amil Zakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh akuntabilitas terhadap kepercayaan muzakki dalam pembayaran zakat. (2) Pengaruh transparansi terhadap kepercayaan muzakki dalam pembayaran zakat. (3) Pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki dalam pembayaran zakat.
Penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode Pengumpulan data menggunakan Observasi dan menyebarkan kuesioner (angket) kepada 95 responden atau muzakki yang ada di (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa 1). Akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dengan nilai signifikan 0,000<0,05, 2). transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dengan nilai signifikan 0.010<0,05, 3). kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dengan nilai signifikan 0,017<0,05 dan 4). akuntabilitas, transparansi dan kualitas layanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dengan nilai signifikan 01:00<0,05