PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmat, Rahmat
dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Amin, Musa
dc.contributor.author LODIYA, LODIYA
dc.date.accessioned 2025-03-11T04:12:36Z
dc.date.available 2025-03-11T04:12:36Z
dc.date.issued 2024-07-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6090
dc.description.abstract LODIYA "Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat". Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Masalah kepercayaan dan profesionalitas menjadi persyaratan penting bagi lembaga-lembaga zakat saat ini dan ke depannya. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga Amil Zakat (LAZ) dibutuhkan tata kelola organisasi yang baik, yaitu terciptanya akuntabilitas transparansi dan kualitas layanan yang baik pada Lembaga Amil Zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh akuntabilitas terhadap kepercayaan muzakki dalam pembayaran zakat. (2) Pengaruh transparansi terhadap kepercayaan muzakki dalam pembayaran zakat. (3) Pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki dalam pembayaran zakat. Penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode Pengumpulan data menggunakan Observasi dan menyebarkan kuesioner (angket) kepada 95 responden atau muzakki yang ada di (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa 1). Akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dengan nilai signifikan 0,000<0,05, 2). transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dengan nilai signifikan 0.010<0,05, 3). kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dengan nilai signifikan 0,017<0,05 dan 4). akuntabilitas, transparansi dan kualitas layanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dengan nilai signifikan 01:00<0,05 en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Akuntabilitas en_US
dc.subject Transparansi en_US
dc.subject Kualitas Layanan en_US
dc.subject Kepercayaan Muzakki en_US
dc.title PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI KALIMANTAN BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account