Abstract:
Rhevita Anindya Prameswari. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan
Jumlah Nasabah Di BSI Cabang Ahmad Yani Pontianak. Skripsi. Program
Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Strategi Pemasaran merupakan dasar tindakan yang kegiatan
usahanya mengarah pada pemasaran suatu perusahaan dalam kondisi
persaingan lingkungan yang selalu berubah agar tercapainya suatu tujuan
yang telah diharapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)
Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan BSI Cabang Ahmad Yani
dalam meningkatkan jumlah nasabah, 2) Apa saja yang menjadi kendala
BSI Cabang Ahmad Yani dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang
digunakan yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data
yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah triangulasi. Data yang di dapat adalah hasil wawancara
peneliti bersama pegawai Bank Syariah Indonesia Cabang Ahmad Yani.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang
dilakukan BSI Cabang Ahmad Yani dalam meningkatkan jumlah nasabah
menggunakan bauran pemasaran 7p yakni product (produk), price (harga),
place (tempat), promotion (promosi), people (orang), process (proses),
physical evidance (bukti fisik).Dengan strategi pemasaran tersebut sangat
membantu dalam menentukan sasaran pasar agar dapat menjangkau nasabah
dari berbagai golongan masyarakat. Penerapan bauran pemasaran sangat
berguna untuk meningkatkan jumlah nasabah dan mempertahankan
nasabah. 2) Kendala BSI Cabang Ahmad Yani dalam meningkatkan jumlah
nasabah yaitu kendala eksternal adanya persaingan produk dengan bank
syariah lainnya dan bank konvensional lainnya. Juga kendala internal yaitu
sistem yang eror sehingga menghambat proses transaksi nasabah