Abstract:
Hamdil Mukhlishin, NIM 2214100663. “Pengembangan Materi
Ajar Akhlak Islamiyah Berbasis Moderasi Beragama Pada
Mata Kuliah AIK 2 Di Universitas Muhammadiyah
Pontianak”.
Pendidikan
moderasi
beragama
di
Universitas
Muhammadiyah Pontianak menjadi isu penting dalam membentuk
karakter mahasiswa yang inklusif dan toleran. Kebutuhan akan
bahan ajar yang relevan dan efektif untuk mata kuliah AIK 2
(Ibadah, Akhlak, dan Muammalah) di Universitas Muhammadiyah
Pontianak semakin meningkat. Terutama, pentingnya integrasi nilai
nilai moderasi beragama dalam pendidikan akhlak Islamiyah
menjadi fokus perhatian dalam konteks keberagaman dan toleransi
di lingkungan universitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar
yang dimuat dalam modul ajar mata kuliah AIK 2 yang berbasis
moderasi beragama, khususnya dalam topik Akhlak Islamiyah,
dengan kualitas yang terjamin dan efektif dalam meningkatkan
pemahaman mahasiswa mengenai moderasi beragama.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D), dengan penerapan model 4-D (Four D
Models), yang meliputi tahap Define, Design, Development, dan
Dissemination. Subjek uji coba terdiri dari 64 orang, yang terdiri dari
ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dosen, dan mahasiswa semester
II Universitas Muhammadiyah Pontianak. Uji coba dilakukan pada
kelompok kecil (10 orang) dan kelompok besar (54 orang). Data
dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk menilai kualitas modul
yang dikembangkan.
Modul ajar yang dikembangkan berhasil mengintegrasikan
prinsip-prinsip moderasi beragama dalam pembelajaran Akhlak
Islamiyah. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ini memiliki
tingkat validitas yang sangat tinggi dalam segi isi (98,40%),
penyajian (93,75%), dan bahasa (96,75%), dengan kriteria “Sangat
xi
Valid.” Penilaian praktikalitas menunjukkan bahwa modul ini sangat
praktis dalam pembelajaran, dengan penilaian dosen (95,05%),
mahasiswa kelompok kecil (90,60%), dan mahasiswa kelompok
besar (86,98%) berada pada kategori “Sangat Baik.” Modul ini juga
terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan
nilai-nilai moderasi beragama, dengan 96,8% responden menya
takan setuju bahwa modul ini efektif.
Modul ajar Akhlak Islamiyah berbasis moderasi beragama
yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif dalam pem
belajaran. Oleh karena itu, modul ini dapat dijadikan sebagai alat
pembelajaran yang efektif dalam mendukung pendidikan moderasi
beragama di lingkungan Universitas Muhammadiyah Pontianak.