Abstract:
Yuliana (11901167) Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan
Santriwati Pondok Pesantren Hafizh Qur’an Hisbah Al-Mizan. Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang langkah-langkah
kegiatan menghafal santriwati di pondok pesantren Hafiz Qur’an Hisbah Al-Mizan,
hambatan dan solusi dalam pelaksanaan menghafal Al-Qur’an serta penilaian dalam
penerapan metode Talaqqi di pondok pesantren Hafizh Qur’an Hisbah Al-Mizan.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yakni mendeskripsikan
tentang fenomena-fenomena yang ada. Hal ini guna menggali informasi yang akan
menjadi dasar dari rancangan teori yang muncul. Data diperoleh dari kepala pondok
pesantren, Ustadzah dan Santriwati. Tekhnik analisis pengumpulan data yang diperoleh
melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak pondok pesantren Hafizh
Qur’an Hisbah Al-Mizan.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Gambaran kegiatan menghafal santriwati
dipondok pesantren Hafizh Qur’an Hisbah Al-mizan sudah cukup baik dan efektif. Hal
ini dapat dilihat berdasarkan dari kegiatan awal yang mengajak santriwati untuk tertib
terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan salam,berdoa,absensi dan pretest. Setelah
itu, Ustadzah membacakan ayat yang akan dihafal oleh santriwati dan santriwati
mengamati bacaan ayat tersebut lalu menirukan bacaan ayat dan Ustadzah membenarkan
bacaan santri apabila ada bacaan yang tidak tepat. Seteleh kegiatan selesai akan ditutup
dengan motivasi agar santriwati bersemangat dalam menghafal,berdoa dan salam
penutup. 2) Hambatan dan solusi dalam kegiatan menghafal santriwati, hambatannya
adalah: rasa malas dan bosan pada santriwati, kecerdasan santriwati, kesibukan
santriwati, hubungan sosial. Solusinya adalah: niat yang kuat, motivasi, pengajar yang
profesional, sarana dan prasarana. 3) penilaian hafalan santriwati: Penilaian proses yang
diambil dari proses menghafal santri, penilaian proses setoran hafalan harian,penilaian
hasil yang diambil sesuai dengan target sebanyak satu muka perminggu.