PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN HAFIZH QUR’AN HISBAH AL-MIZAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor ma'ruf, ma'ruf
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Widiatmaka, Pipit
dc.contributor.author yuliana, yuliana
dc.date.accessioned 2025-02-26T04:08:32Z
dc.date.available 2025-02-26T04:08:32Z
dc.date.issued 2025-01-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6045
dc.description.abstract Yuliana (11901167) Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Santriwati Pondok Pesantren Hafizh Qur’an Hisbah Al-Mizan. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang langkah-langkah kegiatan menghafal santriwati di pondok pesantren Hafiz Qur’an Hisbah Al-Mizan, hambatan dan solusi dalam pelaksanaan menghafal Al-Qur’an serta penilaian dalam penerapan metode Talaqqi di pondok pesantren Hafizh Qur’an Hisbah Al-Mizan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Hal ini guna menggali informasi yang akan menjadi dasar dari rancangan teori yang muncul. Data diperoleh dari kepala pondok pesantren, Ustadzah dan Santriwati. Tekhnik analisis pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak pondok pesantren Hafizh Qur’an Hisbah Al-Mizan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Gambaran kegiatan menghafal santriwati dipondok pesantren Hafizh Qur’an Hisbah Al-mizan sudah cukup baik dan efektif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan dari kegiatan awal yang mengajak santriwati untuk tertib terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan salam,berdoa,absensi dan pretest. Setelah itu, Ustadzah membacakan ayat yang akan dihafal oleh santriwati dan santriwati mengamati bacaan ayat tersebut lalu menirukan bacaan ayat dan Ustadzah membenarkan bacaan santri apabila ada bacaan yang tidak tepat. Seteleh kegiatan selesai akan ditutup dengan motivasi agar santriwati bersemangat dalam menghafal,berdoa dan salam penutup. 2) Hambatan dan solusi dalam kegiatan menghafal santriwati, hambatannya adalah: rasa malas dan bosan pada santriwati, kecerdasan santriwati, kesibukan santriwati, hubungan sosial. Solusinya adalah: niat yang kuat, motivasi, pengajar yang profesional, sarana dan prasarana. 3) penilaian hafalan santriwati: Penilaian proses yang diambil dari proses menghafal santri, penilaian proses setoran hafalan harian,penilaian hasil yang diambil sesuai dengan target sebanyak satu muka perminggu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Talaqqi en_US
dc.subject Langkah menghafal en_US
dc.subject Hambatan en_US
dc.subject Solusi Penilaian Proses en_US
dc.subject Penilaian Hasil. en_US
dc.title PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN HAFIZH QUR’AN HISBAH AL-MIZAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account