PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA COLORED STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS II DI SD NEGERI 38 SUNGAI RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Yuniarti, Hesty Putri
dc.date.accessioned 2025-02-26T01:22:10Z
dc.date.available 2025-02-26T01:22:10Z
dc.date.issued 2025-01-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6042
dc.description.abstract HESTY PUTRI YUNIARTI. Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Colored Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II di SD Negeri 38 Sungai Raya. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pengetahuan peserta didik yang dikarenakan selama ini media yang digunakan hanya menggunakan media papan tulis tanpa adanya media pendukung yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Hasil pretest materi penjumlahan bilangan bulat; 2) Hasil posttest menggunakan strategi problem based learning berbantuan media colored stick materi penjumlahan bilangan bulat; 3) Pengaruh hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest pada materi penjumlahan bilangan bulat; 4) Berapa signifikasi antara pretest dan posttest materi penjumlahan bilangan bulat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN 38 Sungai Raya yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pengukuran/tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini yaitu analisis instrumen, analisis statistik deskriptif, analisis pengaruh, uji normalitas data, uji hipotesis, indeks diterminasi, dan Uji t. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil pretest materi penjumlahan bilangan bulat tergolong rendah dengan hasil 35,7; 2) Hasil posttest menggunakan strategi problem based learning berbantuan media colored stick materi penjumlahan bilangan bulat tergolong tinggi dengan hasil 100; 3) Terdapat selisih hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest pada materi penjumlahan bilangan bulat dengan perbedaan rata-rata nilai pretest yaitu 57,99 dan nilai rata-rata posttest yaitu 85,90; 4) Terdapat nilai signifikansi antara pretest dan posttest sebesar 59% (sedang). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Strategi PBL en_US
dc.subject Media Colored Stick en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA COLORED STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS II DI SD NEGERI 38 SUNGAI RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account