Abstract:
PUTRI KUSUMA WARDANI, Pengembangan Instrumen Tes
Transformasi Geometri Berbasis Etnomatematika Borneo Pada Kelas XI MA
Raudhah Islamiyah Kabupaten Mempawah: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya masalah yang dihadapi
peserta didik dalam memahami konsep transformasi geometri, di mana
82,35% peserta didik mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep
tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya
lokal dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan pemahaman
peserta didik. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan instrumen
tes transformasi geometri berbasis Etnomatematika Borneo pada kelas XI.
Secara rinci, tujuan penelitian ini terbagi menjadi tiga, merujuk pada tahapan
pengembangan teori Wilson, Oriondo, dan Antonio (1998). Pertama,
merancang instrumen tes transformasi geometri berbasis Etnomatematika
Borneo. Kedua, uji coba tes transformasi geometri berbasis Etnomatematika
Borneo. Ketiga, perakitan tes transformasi geometri berbasis Etnomatematika
Borneo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis RnD
(research and development). Penelitian ini bertempat di MA Raudhah
Islamiyah Kabupaten Mempawah dan dilakukan selama periode Agustus
hingga September 2024. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh peserta
didik/i kelas XI MA Raudhah Islamiyah dengan penentuan sampel
menggunakan metode nonprobability sampling. Penelitian ini mengacu pada
prosedur pengembangan Wilson, Oriondo, dan Antonio tahun 1998 yang
menggunakan tiga tahapan; perancangan tes, uji coba tes, dan perakitan tes.
Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi, dengan bantuan instrumen
pengumpulan data berupa angket soal (pilihan ganda dan essay), dan
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS
dan ANATES yang digunakan untuk menguji dan mengetahui validitas,
reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh soal.
Hasil analisis data telah menjawab ketiga tujuan penelitian. Pertama,
perancangan tes telah berdasar dan sesuai dengan yang di pelajari (tujuan,
materi, kompetensi, dan kisi-kisi). Uji validitas oleh validator menunjukkan
adanya dua butir soal yang memerlukan revisi yaitu soal nomor 1 dan nomor
16. Hasil uji validitas CVR dan CVI menggunakan nilai rix telah melewati
batas minimal (≥0, dan 30) dan dinyatakan valid (CVR) dan relevan (CVI).
Kedua, Uji coba menunjukkan daya beda dan tingkat kesukaran yang baik.
Pengecoh soal juga telah bekerja dengan baik, secara umum. Ketiga,
perakitan tes menghasilkan instrumen berupa angket soal pilihan ganda dan
essay yang telah sesuai, berdasarkan pada umpan balik para validator, dan
revisi minimal pada butir-butir soal pasca uji validitas dan reliabilitas. Pada
akhirnya, instrumen soal telah tersusun sesuai dengan standar.