PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA BORNEO PADA KELAS XI MA RAUDHAH ISLAMIYAH KABUPATEN MEMPAWAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Komalasari, Komalasari
dc.contributor.author Wardani, Putri Kusuma
dc.date.accessioned 2025-02-25T03:33:41Z
dc.date.available 2025-02-25T03:33:41Z
dc.date.issued 2025-01-10
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6040
dc.description.abstract PUTRI KUSUMA WARDANI, Pengembangan Instrumen Tes Transformasi Geometri Berbasis Etnomatematika Borneo Pada Kelas XI MA Raudhah Islamiyah Kabupaten Mempawah: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya masalah yang dihadapi peserta didik dalam memahami konsep transformasi geometri, di mana 82,35% peserta didik mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan pemahaman peserta didik. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes transformasi geometri berbasis Etnomatematika Borneo pada kelas XI. Secara rinci, tujuan penelitian ini terbagi menjadi tiga, merujuk pada tahapan pengembangan teori Wilson, Oriondo, dan Antonio (1998). Pertama, merancang instrumen tes transformasi geometri berbasis Etnomatematika Borneo. Kedua, uji coba tes transformasi geometri berbasis Etnomatematika Borneo. Ketiga, perakitan tes transformasi geometri berbasis Etnomatematika Borneo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis RnD (research and development). Penelitian ini bertempat di MA Raudhah Islamiyah Kabupaten Mempawah dan dilakukan selama periode Agustus hingga September 2024. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh peserta didik/i kelas XI MA Raudhah Islamiyah dengan penentuan sampel menggunakan metode nonprobability sampling. Penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan Wilson, Oriondo, dan Antonio tahun 1998 yang menggunakan tiga tahapan; perancangan tes, uji coba tes, dan perakitan tes. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi, dengan bantuan instrumen pengumpulan data berupa angket soal (pilihan ganda dan essay), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS dan ANATES yang digunakan untuk menguji dan mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh soal. Hasil analisis data telah menjawab ketiga tujuan penelitian. Pertama, perancangan tes telah berdasar dan sesuai dengan yang di pelajari (tujuan, materi, kompetensi, dan kisi-kisi). Uji validitas oleh validator menunjukkan adanya dua butir soal yang memerlukan revisi yaitu soal nomor 1 dan nomor 16. Hasil uji validitas CVR dan CVI menggunakan nilai rix telah melewati batas minimal (≥0, dan 30) dan dinyatakan valid (CVR) dan relevan (CVI). Kedua, Uji coba menunjukkan daya beda dan tingkat kesukaran yang baik. Pengecoh soal juga telah bekerja dengan baik, secara umum. Ketiga, perakitan tes menghasilkan instrumen berupa angket soal pilihan ganda dan essay yang telah sesuai, berdasarkan pada umpan balik para validator, dan revisi minimal pada butir-butir soal pasca uji validitas dan reliabilitas. Pada akhirnya, instrumen soal telah tersusun sesuai dengan standar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Instrumen en_US
dc.subject Transformasi Geometri en_US
dc.subject Etnomatematika en_US
dc.subject Model Pengembangan Wilson en_US
dc.subject Oriondo en_US
dc.subject Antonio en_US
dc.title PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA BORNEO PADA KELAS XI MA RAUDHAH ISLAMIYAH KABUPATEN MEMPAWAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account