Abstract:
INAYAH WULAN DARI (11901247). Pengaruh Strategi Pembelajaran Word
Square Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 24 Pontianak Tenggara. Skripsi: Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam
(PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1)
Penggunaan strategi pembelajaran word square. (2) Motivasi belajar siswa
sebelum menggunakan strategi word square. (3) Motivasi belajar siswa sebelum
menggunakan strategi word square. (4) Besarnya peningkatan pengaruh
penggunaan strategi pembelajaran word square terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Pre
Eksperimen, Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IV
yang berjumlah sebanyak 48 siswa.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan
strategi pembelajaran word squre pada mata pelajaran PAI sangat efektif
diterapkan dalam proses pembelajaran, dimana dengan strategi ini siswa lebih
terlibat aktif, dan mengalami sendiri proses pembelajaran tersebut dan
penggunaan strategi pembelajaran word square dapat meningkatkan motivasi
belajar terlihat dari hasil yang didapatkan 2) Motivasi siswa sebelum diterapkan
strategi pembelajaran word square memperoleh skor rata-rata 65 ternasuk
kategori sedang. 3) Motivasi siswa sesudah diterapkan strategi pembelajaran word
square memperoleh skor rata-rata 85 ternasuk kategori tinggi. 4) Terdapat
peningkatan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rat N-gain skor 0,58 dengan
kategori sedang.