PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 24 PONTIANAK TENGGARA TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author DARI, INAYAH WULAN
dc.date.accessioned 2025-02-21T06:09:02Z
dc.date.available 2025-02-21T06:09:02Z
dc.date.issued 2025-01-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6026
dc.description.abstract INAYAH WULAN DARI (11901247). Pengaruh Strategi Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 24 Pontianak Tenggara. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Penggunaan strategi pembelajaran word square. (2) Motivasi belajar siswa sebelum menggunakan strategi word square. (3) Motivasi belajar siswa sebelum menggunakan strategi word square. (4) Besarnya peningkatan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran word square terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Pre Eksperimen, Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IV yang berjumlah sebanyak 48 siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan strategi pembelajaran word squre pada mata pelajaran PAI sangat efektif diterapkan dalam proses pembelajaran, dimana dengan strategi ini siswa lebih terlibat aktif, dan mengalami sendiri proses pembelajaran tersebut dan penggunaan strategi pembelajaran word square dapat meningkatkan motivasi belajar terlihat dari hasil yang didapatkan 2) Motivasi siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran word square memperoleh skor rata-rata 65 ternasuk kategori sedang. 3) Motivasi siswa sesudah diterapkan strategi pembelajaran word square memperoleh skor rata-rata 85 ternasuk kategori tinggi. 4) Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rat N-gain skor 0,58 dengan kategori sedang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Word Square en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 24 PONTIANAK TENGGARA TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account