Abstract:
Jumiati. Peran Guru Pendamping Dalam Proses Pembelajaran Kelas
di TK Islam Haruniyah Pontianak Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (IAIN)
Pontianak 2024.
Penelitian ini di latar belakangi oleh vitalnya peran yang dilakukan oleh
guru pendamping di TK Islam Haruniyah di Pontianak Timur. Penelitian ini
bertujuan mendeskripsikan: 1) Peran guru pendamping dalam proses
perencanaan pembelajaran di TK Islam Haruniyah. 2) Peran guru pendamping
dalam proses pelaksanaan pembelajaran di TK Islam Haruniyah. 3) Peran
guru pendamping dalam proses evaluasi pembelajaran di TK Islam
Haruniyah. Kegiatan pembelajaran yang ada di TK Islam Haruniyah
Pontianak Timur, menggunakan guru pendamping sebagai guru pembantu
guru inti dalam kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Data primer yang diambil dari responden guru kelas dan
kepala sekolah. Data sekunder dalam penelitian ini menggunakan
dokumentasi dan referensi tertulis lain yang terkait. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan
Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,
penarikan kesimpulan. Dan Teknik keabsahan data adalah tringulasi dan
member chek.
Berdasarkan hasil analisis data maka pembahasan dalam penelitian
ini menemukan fakta bahwa: 1) Peran guru pendamping dalam proses
perencanaan pembelajaran di TK Islam Haruniyah ialah membantu menyusun
program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, harian. Mencari ide-ide
dalam membuat perencanaan, membuat media pembelajaran. 2) Peran guru
pendamping dalam proses pelaksanaan pembelajaran di TK Islam Haruniyah
ialah membantu menyiapkan alat peraga/media, mengajarkan sesuai
dengan media yang digunakan dan guru pendamping selalu terlibat
dalam pelaksanaan. 3) Peran guru pendamping dalam proses evaluasi
pembelajaran di TK Islam Haruniyah ialah guru pendamping mengecek
kembali perencanaan yang telah dilakukan dengan guru kelas.