Abstract:
Syeren Nadilla Dharmawan, “Peran Guru Pai Dan Budi Pekerti
Dalam Membangun Kesadaran Moderasi Beragama Di Sman 3
Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi. Pontianak, Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran
pendidikan agama dalam membangun kesadaran moderasi
beragama di kalangan peserta didik. Indonesia sebagai negara
multikultural dengan beragam agama, budaya, dan suku rentan
terhadap konflik jika tidak terdapat pemahaman yang tepat tentang
moderasi beragama. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan
Budi Pekerti di sekolah memiliki tanggung jawab penting dalam
membimbing peserta didik untuk memahami indikator moderasi,
seperti komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, dan
akomodatif terhadap budaya lokal. Penelitian ini berfokus pada
peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam membangun kesadaran
moderasi beragama di SMAN 3 Pontianak.
Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana guru PAI dan
Budi Pekerti di SMAN 3 Pontianak dalam membangun kesadaran
moderasi beragama melalui empat indikator: komitmen
kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, dan penerimaan terhadap
kebudayaan lokal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara dengan guru PAI dan Budi Pekerti, serta dokumentasi
di SMAN 3 Pontianak. Analisis dilakukan melalui tahapan
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI dan Budi
Pekerti di SMAN 3 Pontianak telah membangun kesadaran
moderasi beragama dalam pembelajaran, terutama melalui
pendekatan keteladanan dan dialog. Guru berperan sebagai
motivator, fasilitator, dan evaluator dalam proses pendidikan, yang
secara efektif membantu siswa memahami pentingnya moderasi
beragama. Keempat indikator moderasi, yaitu komitmen
kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, dan akomodatif terhadap
budaya lokal, telah ditanamkan dengan baik melalui kegiatan
pembelajaran dan interaksi sehari-hari di sekolah.