Abstract:
FITRI WULANDARY. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle
5E Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA
Negeri 2 Sungai Raya Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Penerapan model
pembelajaran Learning cycle 5E pada peserta didik kelas XI mata pelajaran
PAI di SMA Negeri 2 Sungai Raya. 2) Hasil belajar peserta didik kelas XI
pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sungai Raya. 3) Pengaruh
penerapan model pembelajaran Learning cycle 5E pada peserta didik kelas
XI mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sungai Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan
desain Nonrandomized control group pretest-posttest untuk mengetahui
pengaruh antara dua variabel yaitu variabel independen (X) untuk model
pembelajaran learning cycle 5E dan dependen (Y) untuk hasil belajar peserta
didik kelas XI. Sampel penelitian ini berjumlah 65 peserta didik. Teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah Tes (soal pilihan ganda),
obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu sebagai berikut: 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis Deskriptif, 3)
Analisis Prasyarat Data, 4) Uji Hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1)
secara keseluruhan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E bernilai
100% yang berkategori “Sangat Baik”. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas
kontrol pada mata pelajaran PAI materi memenuhi janji memperoleh nilai
persentase 74,12% yang berkategori “baik”. Hasil belajar peserta didik di
kelas eksperimen pada mata pelajaran PAI materi memenuhi janji
memperoleh persentase 83,39 yang berkategori “Sangat Baik”. 3) pengaruh
model pembelajaran learning cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Raya Tahun Ajaran
2024/2025 sebesar 0,023 < 0,05.