PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJAR PAI KELAS XI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.author Wulandary, Fitri
dc.date.accessioned 2025-02-04T06:11:26Z
dc.date.available 2025-02-04T06:11:26Z
dc.date.issued 2025-01-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5908
dc.description.abstract FITRI WULANDARY. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Raya Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Penerapan model pembelajaran Learning cycle 5E pada peserta didik kelas XI mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sungai Raya. 2) Hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sungai Raya. 3) Pengaruh penerapan model pembelajaran Learning cycle 5E pada peserta didik kelas XI mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain Nonrandomized control group pretest-posttest untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu variabel independen (X) untuk model pembelajaran learning cycle 5E dan dependen (Y) untuk hasil belajar peserta didik kelas XI. Sampel penelitian ini berjumlah 65 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Tes (soal pilihan ganda), obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis Deskriptif, 3) Analisis Prasyarat Data, 4) Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) secara keseluruhan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E bernilai 100% yang berkategori “Sangat Baik”. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas kontrol pada mata pelajaran PAI materi memenuhi janji memperoleh nilai persentase 74,12% yang berkategori “baik”. Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen pada mata pelajaran PAI materi memenuhi janji memperoleh persentase 83,39 yang berkategori “Sangat Baik”. 3) pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Raya Tahun Ajaran 2024/2025 sebesar 0,023 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Learning Cycle 5E en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJAR PAI KELAS XI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account