Abstract:
Asrap Abdul Sakur, dengan NIM 2204100606, 2020.
Internalisasi nilai-nilai religius pada peserta didik di SMP IT Insan
Kamil Nanga Pinoh.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya pergaulan
bebas ditengah-tengah masyarakat. Tentunya, hal ini dapat berdampak
buruk bagi anak-anak. Oleh karena itu, memberikan pendidikan
terutama dengan menanamkan nilai-nilai religius untuk anak
merupakan salah satu usaha untuk membentengi diri agar terhindar
dari perbuatan menyimpang. Hal ini sebagaimana di SMP IT Insan
kamil Nanga Pinoh yang memiliki beberapa program-program
unggulan dan kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh peserta
didik dengan mengandung nilai-nilai religius yang dapat membentuk
karakter dan kepribadian anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi
nilai-nilai religius pada peserta didik di SMP IT Insan Kamil yang
dimana diketahui bahwasannya prioritas sekolah tersebut adalah
lebih menekankan anak untuk menjadi pengahafal Qura’an, serta
berkepribadian sesuai ajaran Islam.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Adapun pengumpulan data yakni dengan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis
data yakni analisis fenomenologi Interpretative Phenomenological
Analysis (IPA).
xii Nurhasanah
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Di SMP IT
Insan kamil yang melatarbelakangi adanya penerapan nilai-nilai
religius pada peserta didik yakni diantaranya dapat meminimalisir
anak untuk terhindar dari pergaulan bebas. Oleh karena, selain
adanya pembelajaran umum, di SMP IT Insan kamil juga memiliki
kegiatan-kegiatan yang mengandung nilai-nilai religius. 2) SMP IT
Insan kamil memiliki beberapa program unggulan yakni Tahsin
& Tahfidzh, Leardership Training, Malam Bina Iman dan Takwa
(Mabit), Tasmi’ Qur’an, Literasi & Kultum, Sholat Dhuha, Market
Day, dan Bina Pribadi Islam (BPI). 3) Tahapan-tahapan internalisasi
dilakukan dengan 3 tahapan yakni transformasi nilai, transaksi nilai,
dan transinternalisasi. Adapun tahapan-tahapan ini tentunya melalui
nilai-nilai religius pada program-program unggulan dengan adanya
pelakasanaan yang sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pihak
sekolah. Selain adanya 8 program unggulan, SMP IT juga memiliki
kegiatan-kegiatan yang bernilai religius yakni sholat berjama’ah,
tadarusan, dzikir bersama, dan majelis pagi.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu SMP IT Insan Kamil
Nanga Pinoh memberikan pendidikan agama yang baik untuk anak
dengan menanamkan nilai-nilai religius melalui berbagai macam
program dan kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk kepribadian
anak agar menjadi anak yang rajin beribadah, penghafal Qur’an, serta
dapat mempererat hubungan antar sesama peserta didik.