Internalisasi nilai-nilai religius pada peserta didik di SMP IT Insan Kamil Nanga Pinoh

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Amin, Faizal
dc.contributor.advisor Saroso, Muh Gito
dc.contributor.author Sakur, Asrap Abdul
dc.date.accessioned 2025-02-03T02:35:04Z
dc.date.available 2025-02-03T02:35:04Z
dc.date.issued 2024-08-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5874
dc.description.abstract Asrap Abdul Sakur, dengan NIM 2204100606, 2020. Internalisasi nilai-nilai religius pada peserta didik di SMP IT Insan Kamil Nanga Pinoh. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya pergaulan bebas ditengah-tengah masyarakat. Tentunya, hal ini dapat berdampak buruk bagi anak-anak. Oleh karena itu, memberikan pendidikan terutama dengan menanamkan nilai-nilai religius untuk anak merupakan salah satu usaha untuk membentengi diri agar terhindar dari perbuatan menyimpang. Hal ini sebagaimana di SMP IT Insan kamil Nanga Pinoh yang memiliki beberapa program-program unggulan dan kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh peserta didik dengan mengandung nilai-nilai religius yang dapat membentuk karakter dan kepribadian anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai religius pada peserta didik di SMP IT Insan Kamil yang dimana diketahui bahwasannya prioritas sekolah tersebut adalah lebih menekankan anak untuk menjadi pengahafal Qura’an, serta berkepribadian sesuai ajaran Islam. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun pengumpulan data yakni dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yakni analisis fenomenologi Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). xii Nurhasanah Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Di SMP IT Insan kamil yang melatarbelakangi adanya penerapan nilai-nilai religius pada peserta didik yakni diantaranya dapat meminimalisir anak untuk terhindar dari pergaulan bebas. Oleh karena, selain adanya pembelajaran umum, di SMP IT Insan kamil juga memiliki kegiatan-kegiatan yang mengandung nilai-nilai religius. 2) SMP IT Insan kamil memiliki beberapa program unggulan yakni Tahsin & Tahfidzh, Leardership Training, Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit), Tasmi’ Qur’an, Literasi & Kultum, Sholat Dhuha, Market Day, dan Bina Pribadi Islam (BPI). 3) Tahapan-tahapan internalisasi dilakukan dengan 3 tahapan yakni transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi. Adapun tahapan-tahapan ini tentunya melalui nilai-nilai religius pada program-program unggulan dengan adanya pelakasanaan yang sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pihak sekolah. Selain adanya 8 program unggulan, SMP IT juga memiliki kegiatan-kegiatan yang bernilai religius yakni sholat berjama’ah, tadarusan, dzikir bersama, dan majelis pagi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu SMP IT Insan Kamil Nanga Pinoh memberikan pendidikan agama yang baik untuk anak dengan menanamkan nilai-nilai religius melalui berbagai macam program dan kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk kepribadian anak agar menjadi anak yang rajin beribadah, penghafal Qur’an, serta dapat mempererat hubungan antar sesama peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Internalisasi en_US
dc.subject Nilai-Nilai Religius en_US
dc.title Internalisasi nilai-nilai religius pada peserta didik di SMP IT Insan Kamil Nanga Pinoh en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account