Abstract:
DIANA 11911045, Pelaksanaan Proses Pembelajaran Mewarnai Gambar
untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak di RA Dharma Wanita
Persatuan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat.Prodi
Penididikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan yakni pembelalajran
dengan mewarnai yang dapat atau mampu meningkatkan kemampuan
motorik halus anak usia dini di RA Dharma Wanita Persatuan Kanwil
Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mnengetahui; 1.)Perencanaan
pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan motorik halus anak
2.) Pelaksanaan pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan
motorik halus anak 3.) Evaluasi pembelajaran mewarnai gambar untuk
mengembangkan motorik halus anak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
deskriftif dengan jenis penelitian kualitatif. teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara,obsevasi dan dokumentasi selanjutnya yang
menjadi informan dalam penelitian ini meliputi; kepala sekolah, guru dan
anak. teknik analisi data yang digunakan yaitu; 1.) mengumpulkan data 2.)
melakukan reduksi data 3.) menyajikan data 4.) menyusun kesimpulan.
Berdasarkan paparan data dan analisis maka penelitian ini
menyimpulkan; 1.) Perencanaan pembelajaran di rancang dalam bentuk
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengacu pada
standar isi. Perencanaan pmbelajaran meliputi penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar,
perangkat penilaian pembelajaran, dan sekenario pembelajaran. 2.)
Pelaksanaan pembelajaran merupakan proses berlangsungnya belajar
mengajar di kelas yang merupakan inti dari kegiatan di sekolah. Jadi
pelaksanaan pembelajaran adalah interaksi guru dengan murid dalam rangka
menyampaikan bahan pelajaran kepada anak dan untuk mencapai tujuan
pengajaran. 3.) Evluasi hasil belajar merupakan proses untuk menentukan
nilai belajar anak melalui kegiatan penilaian atau pengukuran hasil
belajar.Tujuan utama evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang
dicapai oleh anak setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran.