PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MEWARNAI GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK DI RA DHARMA WANITA PERSATUAN KANWIL KEMENTRIAN AGAMA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Arifudin, Arifudin
dc.contributor.advisor Harriska, Harriska
dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.author Diana, Diana
dc.date.accessioned 2025-01-31T07:31:43Z
dc.date.available 2025-01-31T07:31:43Z
dc.date.issued 2025-01-13
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5858
dc.description.abstract DIANA 11911045, Pelaksanaan Proses Pembelajaran Mewarnai Gambar untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak di RA Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat.Prodi Penididikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan yakni pembelalajran dengan mewarnai yang dapat atau mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini di RA Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mnengetahui; 1.)Perencanaan pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan motorik halus anak 2.) Pelaksanaan pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan motorik halus anak 3.) Evaluasi pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan motorik halus anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriftif dengan jenis penelitian kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,obsevasi dan dokumentasi selanjutnya yang menjadi informan dalam penelitian ini meliputi; kepala sekolah, guru dan anak. teknik analisi data yang digunakan yaitu; 1.) mengumpulkan data 2.) melakukan reduksi data 3.) menyajikan data 4.) menyusun kesimpulan. Berdasarkan paparan data dan analisis maka penelitian ini menyimpulkan; 1.) Perencanaan pembelajaran di rancang dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengacu pada standar isi. Perencanaan pmbelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan sekenario pembelajaran. 2.) Pelaksanaan pembelajaran merupakan proses berlangsungnya belajar mengajar di kelas yang merupakan inti dari kegiatan di sekolah. Jadi pelaksanaan pembelajaran adalah interaksi guru dengan murid dalam rangka menyampaikan bahan pelajaran kepada anak dan untuk mencapai tujuan pengajaran. 3.) Evluasi hasil belajar merupakan proses untuk menentukan nilai belajar anak melalui kegiatan penilaian atau pengukuran hasil belajar.Tujuan utama evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh anak setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject pembelajaran mewarnai en_US
dc.subject motorik halus en_US
dc.title PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MEWARNAI GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK DI RA DHARMA WANITA PERSATUAN KANWIL KEMENTRIAN AGAMA PROVINSI KALIMANTAN BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account