Abstract:
Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Canva
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun
Ajaran 2023/2024
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses
pengembangan media pembelajaran melalui aplikasi Canva pada
pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN 03 Pontianak
Timur. Permasalahan pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) mengajar masih
menggunakan pembelajaran secara konvensional dan menggunakan
media pembelajaran lama. Belum adanya media pembelajaran yang
dikembangkan sesuai dengan dengan perkembangan zaman. Sehing ga kurangnya motivasi dan minat siswa dalam belajar, hal ini
berdampak pada kurangnya motivasi dan minat belajar serta nilai
hasil belajar yang tidak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembang an (Research and Development/R&D. Model pengembangan media
pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Eva luation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
SDN 03 Pontianak Timur. Proses pengembangan media pembelajar an melalui aplikasi Canva menggunakan model ADDIE yang
dilaksanakan dalam 5 tahapan, yakni: (1) Analisis; (2) Perencanaan
(Desain); (3) Pembangunan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Pada
tahapawal yaitu analisis, peneliti melakukan observasi serta wawan cara terhadap guru pemangku mata pelajaran PABP dan siswa kelas
IVdi SDN 03 Pontianak Timur. Selanjutnya pada tahap perancangan
dibuat media pembelajaran menggunakan Canva dengan fokus pada
topik Iman kepada Nabi dan Rasul. Tahapan pengembangan
meliputi validasi ahli materi serta ahli media, selanjutnya merevisi
bagian yang harus di revisi sesuai intruksi validator. Tahap
pelaksanaan meliputi uji coba alfa dan beta pada masing-masing
siswa kelas IV sebanyak 30 dan 60 orang di SDN 03 Pontianak
xii
Timur. Setelah uji coba, kuesioner dibagikan untuk mengumpulkan
umpan balik dari siswa dan guru. Tahap terakhir adalah evaluasi
yang meliputi pemeriksaan dan penilaian terhadap materi pem belajaran. Hasil validasi ahli materi serta media, rata-rata skor yang
diberikan sangat valid sebesar 3,7. Tanggapan guru rata-rata 3,8,
yang berarti sambutan yang sangat positif. Selama uji coba alfa dan
beta, respon siswa sangat positif, dengan tingkat respons tertinggi
mencapai 86%. Pengembangan yang dilakukan telah menciptakan
produk berupa media pembelajaran melalui aplikasi Canva dengan
lebel sangat layak digunakan.