Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Nugraha, M. Tisna
dc.contributor.advisor Kurnanto, Edi
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.author Herlina, Sri
dc.date.accessioned 2025-01-30T07:54:04Z
dc.date.available 2025-01-30T07:54:04Z
dc.date.issued 2024-08-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5848
dc.description.abstract Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran melalui aplikasi Canva pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN 03 Pontianak Timur. Permasalahan pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) mengajar masih menggunakan pembelajaran secara konvensional dan menggunakan media pembelajaran lama. Belum adanya media pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan dengan perkembangan zaman. Sehing ga kurangnya motivasi dan minat siswa dalam belajar, hal ini berdampak pada kurangnya motivasi dan minat belajar serta nilai hasil belajar yang tidak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembang an (Research and Development/R&D. Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Eva luation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Proses pengembangan media pembelajar an melalui aplikasi Canva menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan dalam 5 tahapan, yakni: (1) Analisis; (2) Perencanaan (Desain); (3) Pembangunan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Pada tahapawal yaitu analisis, peneliti melakukan observasi serta wawan cara terhadap guru pemangku mata pelajaran PABP dan siswa kelas IVdi SDN 03 Pontianak Timur. Selanjutnya pada tahap perancangan dibuat media pembelajaran menggunakan Canva dengan fokus pada topik Iman kepada Nabi dan Rasul. Tahapan pengembangan meliputi validasi ahli materi serta ahli media, selanjutnya merevisi bagian yang harus di revisi sesuai intruksi validator. Tahap pelaksanaan meliputi uji coba alfa dan beta pada masing-masing siswa kelas IV sebanyak 30 dan 60 orang di SDN 03 Pontianak xii Timur. Setelah uji coba, kuesioner dibagikan untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa dan guru. Tahap terakhir adalah evaluasi yang meliputi pemeriksaan dan penilaian terhadap materi pem belajaran. Hasil validasi ahli materi serta media, rata-rata skor yang diberikan sangat valid sebesar 3,7. Tanggapan guru rata-rata 3,8, yang berarti sambutan yang sangat positif. Selama uji coba alfa dan beta, respon siswa sangat positif, dengan tingkat respons tertinggi mencapai 86%. Pengembangan yang dilakukan telah menciptakan produk berupa media pembelajaran melalui aplikasi Canva dengan lebel sangat layak digunakan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan pembelajaran en_US
dc.subject Media Canva en_US
dc.subject PAIBP en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account