Abstract:
Elviana Yulianti dengan NIM 2214100686, 2023. Pengaruh
Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Nilai-Nilai
Pancasila Menggunakan Model Inquiry Terhadap
Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Dan Kecerdasan
Interpersonal Pada Siswa MTS Darul Ulum Kecamatan
Sayan.
Pendidikan Islam bertujuan untuk memantapkan
keyakinan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta
didik terhadap agama Islam sehingga menjadi manusia muslim
yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta memiliki
figur yang mulia dalam kehidupan pribadi, sosial, berbangsa dan
bernegara serta mengejar cita-cita. pendidikan tinggi pendidikan
Islam menitik beratkan pada kapasitas otak dan keterampilan
teknis, pendidikan Islam juga merupakan sistem pendidikan yang
berdasarkan nilai-nilai Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
pembelajaran akidah akhlak berbasis nilai-nilai Pancasila
menggunakan model inquiry terhadap peningkatan profil pelajar
Pancasila dan kecerdasan interpersonal siswa di Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Darul Ulum. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen
desain pre-test post-test control group design. populasi penelitian
terdiri 60 siswa, sampel Penelitian 15 siswa yang terbagi menjadi
kelas eksperimen dan kelas kontrol. kelas eksperimen diberikan
pembelajaran akidah akhlak berbasis nilai-nilai Pancasila
menggunakan model inquiry, sedangkan kelas kontrol diberikan
pembelajaran biasa.
Hasil Penelitian ini yaitu 1. Bahwa pembelajaran akidah
akhlak berbasis nilai-nilai Pancasila dengan menggunakan model
inquiry memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan
profil pelajar Pancasila dan kecerdasan interpersonal siswa MTS
Darul Ulum. 2. Menunjukkan bahwa pembelajaran yang
dilakukan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap
nilai-nilai Pancasila dan memberikan pengaruh yang positif pada
sikap dan perilaku siswa. 3. Pembelajaran ini juga mampu
meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dalam hal
xii
kemampuan berkomunikasi, kerjasama, dan empati terhadap
orang lain. 4. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah
akhlak berbasis nilai-nilai Pancasila menggunakan model inquiry
dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan profil
pelajar Pancasila dan kecerdasan interpersonal siswa.