Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Menggunakan Model Inquiry Terhadap Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Dan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa MTS Darul Ulum Kecamatan Sayan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Rahmap, Rahmap
dc.contributor.author Yulianti, Elviana
dc.date.accessioned 2025-01-30T02:16:57Z
dc.date.available 2025-01-30T02:16:57Z
dc.date.issued 2024-02-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5830
dc.description.abstract Elviana Yulianti dengan NIM 2214100686, 2023. Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Menggunakan Model Inquiry Terhadap Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Dan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa MTS Darul Ulum Kecamatan Sayan. Pendidikan Islam bertujuan untuk memantapkan keyakinan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik terhadap agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta memiliki figur yang mulia dalam kehidupan pribadi, sosial, berbangsa dan bernegara serta mengejar cita-cita. pendidikan tinggi pendidikan Islam menitik beratkan pada kapasitas otak dan keterampilan teknis, pendidikan Islam juga merupakan sistem pendidikan yang berdasarkan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran akidah akhlak berbasis nilai-nilai Pancasila menggunakan model inquiry terhadap peningkatan profil pelajar Pancasila dan kecerdasan interpersonal siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen desain pre-test post-test control group design. populasi penelitian terdiri 60 siswa, sampel Penelitian 15 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. kelas eksperimen diberikan pembelajaran akidah akhlak berbasis nilai-nilai Pancasila menggunakan model inquiry, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran biasa. Hasil Penelitian ini yaitu 1. Bahwa pembelajaran akidah akhlak berbasis nilai-nilai Pancasila dengan menggunakan model inquiry memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan profil pelajar Pancasila dan kecerdasan interpersonal siswa MTS Darul Ulum. 2. Menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan memberikan pengaruh yang positif pada sikap dan perilaku siswa. 3. Pembelajaran ini juga mampu meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dalam hal xii kemampuan berkomunikasi, kerjasama, dan empati terhadap orang lain. 4. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak berbasis nilai-nilai Pancasila menggunakan model inquiry dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila dan kecerdasan interpersonal siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran Akidah Akhlak Nilai-Nilai Pancasila en_US
dc.subject Model Inquiry en_US
dc.subject Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.subject Kecerdasan Interpersonal Siswa en_US
dc.title Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Menggunakan Model Inquiry Terhadap Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Dan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa MTS Darul Ulum Kecamatan Sayan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account