Abstract:
INDRI SUSANTI , 11911040 Upaya Guru Meningkatkan Kecerdasan Sosial
Emosional Anak Usia Dini Pada Tk Aulia Pontianak Tahun Pelajaran 2023/
2024, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Pontianak 2024.
Peneliti mengangkat permasalahan tentang upaya guru dalam
meningkatkan kecerdasan sosial emosional sosial anak usia dini di TK Aulia
Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Bentuk upaya guru
dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini di TK Aulia
Pontianak Kota, 2).Bentuk perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK
Aulia Pontianak Kota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriftif. Sumber data penelitian ini adalah para guru dan anak usia dini di TK
Aulia. Teknik pengumpulan data dakam penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui
pengumpulan data, reduksi, penyajian data (data display), dan verifikasi.
Sedangkan keabsahan data peneliti melakukan ketekunan pengamatan, triangulasi,
menggunakan bahan referensi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : 1).
Bentuk upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak adalah
dengan membiasakan perilaku sopan, membuat aturan, meneladankan sikap sosial
dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkap perasaannya.2).
Bentuk perkembangan perilaku sosial emosional Anak usia dini setelah dilakukan
upaya peningkatan oleh guru adalah berkembangnya perilaku kesadaran diri anak,
anak berkembang perilaku tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain serta
memiliki sikap perilaku pro-sosial.