UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA TK AULIA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.author Susanti, Indri
dc.date.accessioned 2025-01-23T08:25:17Z
dc.date.available 2025-01-23T08:25:17Z
dc.date.issued 2025-01-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5819
dc.description.abstract INDRI SUSANTI , 11911040 Upaya Guru Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Tk Aulia Pontianak Tahun Pelajaran 2023/ 2024, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Peneliti mengangkat permasalahan tentang upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional sosial anak usia dini di TK Aulia Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Bentuk upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini di TK Aulia Pontianak Kota, 2).Bentuk perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Aulia Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Sumber data penelitian ini adalah para guru dan anak usia dini di TK Aulia. Teknik pengumpulan data dakam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian data (data display), dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data peneliti melakukan ketekunan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : 1). Bentuk upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak adalah dengan membiasakan perilaku sopan, membuat aturan, meneladankan sikap sosial dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkap perasaannya.2). Bentuk perkembangan perilaku sosial emosional Anak usia dini setelah dilakukan upaya peningkatan oleh guru adalah berkembangnya perilaku kesadaran diri anak, anak berkembang perilaku tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain serta memiliki sikap perilaku pro-sosial. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Kecerdasan Sosial Emosional en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA TK AULIA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account