Abstract:
FEBRIANI (11811166), Upaya Guru Mata Pelajaran Tahfidz Dalam
Mengatasi Kesulitan Siswa Menghafal Al-Qur’an Kelas VIII Di MTs TI Al-
Madani Pontianak 2021/2022: Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Program Studi Pendidikan Agama Islam Instuti Agama Islam Negeri
Pontinak (2024).
Sebagai umat muslim, tentunya wajib bagi kita mengenal dan
membaca Al-Qur’an dari sejak dini. Adapun tujuan dilakukannya penelitian
ini adalah Untuk mengetahui kesulitan belajar yang di hadapi siswa di kelas
VIII MTs TI Al-Madani Pontianak dalam menghafal Al-Qur’an. Untuk
mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru tahfiz
dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menghafal Al-Qur’an di kelas VIII
MTs TI Al-Madani Pontianak. Untuk mengetahui tindak lanjut yang
dilakukan oleh guru tahfidz dalam mengatasi kesulitan siswa dalam
menghafal Al-Qur’an di kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Penelitian dilaksanakan di MTs TI Al-Madani Pontianak. Instrumen
pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan
pedoman dokumentasi. Data yang diperoleh ini bersumber dari interaksi
peneliti dengan guru, dan interaksi peneliti dengan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru mata pelajaran
tahfidz dalam mengatasi kesulitan siswa menghafal Al-Qur’an kelas VIII
dilakukaan dengan: 1) adanya kerjasama orangtua peserta didik dengan
guru, 2) adanya bimbingan terhadap peserta didik, 3) guru memberikan
motivasi kepada peserta didik, 4) menggunakan metode dalam menghafal,
5) adanya kelonggaran waktu, 6) adanya buku tahfidz.