UPAYA GURU MATA PELAJARAN TAHFIDZ DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH TEKNOLOGI INFORMATIKA AL-MADANI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Febriani, Febriani
dc.date.accessioned 2025-01-23T08:18:55Z
dc.date.available 2025-01-23T08:18:55Z
dc.date.issued 2025-01-13
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5817
dc.description.abstract FEBRIANI (11811166), Upaya Guru Mata Pelajaran Tahfidz Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Menghafal Al-Qur’an Kelas VIII Di MTs TI Al- Madani Pontianak 2021/2022: Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Instuti Agama Islam Negeri Pontinak (2024). Sebagai umat muslim, tentunya wajib bagi kita mengenal dan membaca Al-Qur’an dari sejak dini. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesulitan belajar yang di hadapi siswa di kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak dalam menghafal Al-Qur’an. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru tahfiz dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menghafal Al-Qur’an di kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak. Untuk mengetahui tindak lanjut yang dilakukan oleh guru tahfidz dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menghafal Al-Qur’an di kelas VIII MTs TI Al-Madani Pontianak. Metode penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs TI Al-Madani Pontianak. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang diperoleh ini bersumber dari interaksi peneliti dengan guru, dan interaksi peneliti dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru mata pelajaran tahfidz dalam mengatasi kesulitan siswa menghafal Al-Qur’an kelas VIII dilakukaan dengan: 1) adanya kerjasama orangtua peserta didik dengan guru, 2) adanya bimbingan terhadap peserta didik, 3) guru memberikan motivasi kepada peserta didik, 4) menggunakan metode dalam menghafal, 5) adanya kelonggaran waktu, 6) adanya buku tahfidz. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Mata Pelajaran Tahfidz en_US
dc.subject Kesulitan Menghafal Al-Qur’an en_US
dc.subject MTs TI Al-Madani en_US
dc.title UPAYA GURU MATA PELAJARAN TAHFIDZ DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH TEKNOLOGI INFORMATIKA AL-MADANI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account