PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERKALIAN LATTICE BERBANTUAN MEDIA TAKALINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author Agustiani, Risna
dc.date.accessioned 2025-01-22T07:58:28Z
dc.date.available 2025-01-22T07:58:28Z
dc.date.issued 2024-12-30
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5798
dc.description.abstract RISNA AGUSTIANI, Pengaruh Penggunaan Metode Perkalian Lattice Berbantuan Media Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Di MIN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal di MIN 3 Pontianak, hasil belajar matematika siswa, terutama pada materi operasi hitung perkalian bilangan cacah, masih tergolong rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar peserta didik kontrol (III C) pada materi operasi hitung bilangan cacah yang menggunakan metode lattice tidak dibantu media takalintar di MIN 3 Pontianak tahun ajaran 2024/2025. 2)hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (III B) pada materi operasi hitung perkalian bilangan cacah dibantu media takalintar di MIN 3 pontianak tahun ajaran 2024/2025. 3)langkah-langkah metode lattice dibantu media takalintar terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 03 Pontianak tahun ajaran 2024/2025.4) pengaruh metode lattice dibantu media takalintar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung perkalian bilangan cacah di MIN 3 Pontianak tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MIN Pontianak yang terdiri dari 3 kelas dengan sampel berjumlah 2 kelas yaitu kelas IIIB dan IIIC MIN 3 Pontianak.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah Teknik observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah lembaran observasi,lembaran tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung perkalian bilangan cacah menggunakan metode lattice tidak dibantu media takalintar di MIN 3 Pontianak tahun ajaran 2024/2025 diperoleh hasil belajar masih tergolong baik dengan rata-rata sebesar 79,5. 2) Hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung perkalian bilangan cacah yang menggunakan metode lattice dibantu media takalintar di MIN 3 pontianak tahun ajaran 2024/2025 diperoleh hasil belajar sebesar 83,25 kategori hasil belajar baik sekali. 3) Berdasarkan hasil analisis uji N-Gain Score pada skor pret-test dan post-test eksprimen bahwa nilai (sig) 0,3 ≤ g≤0,7 atau 0,3 ≤ 0,68 ≤ 0,7 katergori sedang 4)Terdapat pengaruh dalam penggunaan metode lattice berbantuan media takalintar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Matematika kelas III di MIN 3 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Takalintar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERKALIAN LATTICE BERBANTUAN MEDIA TAKALINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account