Abstract:
NOVIANI. Upaya Guru Dalam Penegakan Ketertiban Pada Program Sholat Zuhur Berjamaah Peserta Didik Di MAN 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Upaya Guru Dalam Penegakan Ketertiban Pada Program Sholat Zuhur Berjamaag Di MAN 2 Pontianak. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada Upaya Guru Dalam Penegakan Ketertiban Pada Program Sholat Zuhur Berjamaah Peserta Didik Di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) Pelaksanaan sholat zuhur berjamaah di MAN 2 pontianak, 2) Peran guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah peserta didik di MAN 2 pontianak, 3) Langkah-langkah guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah peserta didik di MAN 2 pontianak, 4) Faktor pendukung guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah di MAN 2 pontianak, 5) Faktor penghambat guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur peserta didik di MAN 2 pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus penelitian. Sumber data penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah data collection, data display, data condensation dan conclusion : drawing/veryfying. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan sholat zuhur berjamaah dilaksanakan secara teratur dan berjamaah, 2) Peran guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah yaitu dengan memberikan motivasi serta menjadi contoh dan teladan bagi peserta didik, 3) Langkah-langkah guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah yaitu dengan adanya tata tertib tentang pelaksanaan sholat zuhur berjamaah, memberikan pemahaman, pengawasan, pemberitahuan dan peringatan kepada peserta didik, 4) Faktor pendukung guru dalam penegakan ketertiban pada program holat zuhur berjamaah adalah tingginya tingkat kesadaran dari peserta didik, adanya absen sholat khususnya untuk perempuan, dan adanya fasilitas yang disediakan dari sekolah, 5) Faktor penghambat guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah peserta didik adalah kurangnya kesadaran dari peserta didik sendiri, faktor cuaca yang kurang mendukung, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah.