UPAYA GURU DALAM PENEGAKAN KETERTIBAN PADA PROGRAM SHOLAT ZUHUR BERJAMAAH PESERTA DIDIK DI MAN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author Noviani, Noviani
dc.date.accessioned 2025-01-22T05:41:13Z
dc.date.available 2025-01-22T05:41:13Z
dc.date.issued 2025-01-08
dc.identifier.citation APA (American Psychologycal Assocation) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5791
dc.description.abstract NOVIANI. Upaya Guru Dalam Penegakan Ketertiban Pada Program Sholat Zuhur Berjamaah Peserta Didik Di MAN 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Upaya Guru Dalam Penegakan Ketertiban Pada Program Sholat Zuhur Berjamaag Di MAN 2 Pontianak. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada Upaya Guru Dalam Penegakan Ketertiban Pada Program Sholat Zuhur Berjamaah Peserta Didik Di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) Pelaksanaan sholat zuhur berjamaah di MAN 2 pontianak, 2) Peran guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah peserta didik di MAN 2 pontianak, 3) Langkah-langkah guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah peserta didik di MAN 2 pontianak, 4) Faktor pendukung guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah di MAN 2 pontianak, 5) Faktor penghambat guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur peserta didik di MAN 2 pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus penelitian. Sumber data penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah data collection, data display, data condensation dan conclusion : drawing/veryfying. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan member check. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan sholat zuhur berjamaah dilaksanakan secara teratur dan berjamaah, 2) Peran guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah yaitu dengan memberikan motivasi serta menjadi contoh dan teladan bagi peserta didik, 3) Langkah-langkah guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah yaitu dengan adanya tata tertib tentang pelaksanaan sholat zuhur berjamaah, memberikan pemahaman, pengawasan, pemberitahuan dan peringatan kepada peserta didik, 4) Faktor pendukung guru dalam penegakan ketertiban pada program holat zuhur berjamaah adalah tingginya tingkat kesadaran dari peserta didik, adanya absen sholat khususnya untuk perempuan, dan adanya fasilitas yang disediakan dari sekolah, 5) Faktor penghambat guru dalam penegakan ketertiban pada program sholat zuhur berjamaah peserta didik adalah kurangnya kesadaran dari peserta didik sendiri, faktor cuaca yang kurang mendukung, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pelaksanaan en_US
dc.subject Ketertiban en_US
dc.subject Sholat Zuhur en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM PENEGAKAN KETERTIBAN PADA PROGRAM SHOLAT ZUHUR BERJAMAAH PESERTA DIDIK DI MAN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account