dc.description.abstract |
JINNI AYUNUNGTIYAS, Penggunaan Model Direct Instruction Dibantu
Media Dakota untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi
Pengurangan dan Penjumlahan Kelas 1 di SDI Hidayatul Muhsinin: Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Persentase Ketuntasan
Hasil belajar matematika sebelum menggunakan model Direct Instruction dibantu
media dakota pada materi pengurangan dan penjumlahan pada peserta didik. 2)
Pelaksanaan penggunaan model Direct Instruction dibantu media dakota dalam
meningkatkan hasil belajar matematika materi pengurangan dan penjumlahan pada
peserta didik. 3) Hasil belajar matematika setelah menggunakan model Direct
Instruction dibantu media dakota materi pengurangan dan penjumlahan pada
peserta didik. 4) Peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan model
Direct Instruction dibantu media dakota materi pengurangan dan penjumlahan pada
peserta didik kelas I di SDI Hidayatul Muhsinin.
Penelitian ini jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif.
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SDI Hidayatul Muhsinin. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.
teknik analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif yaitu
mean,persentase,dan uji t.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan
bahwa: 1) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan
model pembelajaran direct instruction dibantu media Dakota sebesar 21,43%. 2)
Penggunaan Model Direct Instruction dibantu Media Dakota telah dilakukan sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran. Pada siklus I Keterlaksanaan proses
pembelajaran sebesar 73,81%,pada siklus II sebesar 86,91%. 3) Persentase
ketuntasan hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran direct
instruction dibantu media Dakota sebesar 100%. 4) Terdapat Peningkatan Hasil
Belajar Peserta Didik Pada materi pejumlahan dan pengurangan kelas I sebelum
dan sesudah diterapkan model direct instruction dibantu media Dakota di SDI
Hidayatul Mushsinin pada pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 21,43%, pada
siklus I meningkat menjadi 71,42%, pada siklus II meningkat menjadi 100%.jadi
kesimpulannya dengan Penggunaan model Direct Instruction dibantu Media
Dakota untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Penjumlahan dan
Pengurangan di SDI Hidayatul Muhsinin dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik. |
en_US |