PENGGUNAAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DIBANTU MEDIA DAKOTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN KELAS I DI SDI HIDAYATUL MUHSININ TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author AYUNUNGTIYAS, JINNI
dc.date.accessioned 2025-01-22T03:18:15Z
dc.date.available 2025-01-22T03:18:15Z
dc.date.issued 2024-12-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5788
dc.description.abstract JINNI AYUNUNGTIYAS, Penggunaan Model Direct Instruction Dibantu Media Dakota untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pengurangan dan Penjumlahan Kelas 1 di SDI Hidayatul Muhsinin: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Persentase Ketuntasan Hasil belajar matematika sebelum menggunakan model Direct Instruction dibantu media dakota pada materi pengurangan dan penjumlahan pada peserta didik. 2) Pelaksanaan penggunaan model Direct Instruction dibantu media dakota dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pengurangan dan penjumlahan pada peserta didik. 3) Hasil belajar matematika setelah menggunakan model Direct Instruction dibantu media dakota materi pengurangan dan penjumlahan pada peserta didik. 4) Peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan model Direct Instruction dibantu media dakota materi pengurangan dan penjumlahan pada peserta didik kelas I di SDI Hidayatul Muhsinin. Penelitian ini jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SDI Hidayatul Muhsinin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. teknik analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif yaitu mean,persentase,dan uji t. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran direct instruction dibantu media Dakota sebesar 21,43%. 2) Penggunaan Model Direct Instruction dibantu Media Dakota telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Pada siklus I Keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 73,81%,pada siklus II sebesar 86,91%. 3) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran direct instruction dibantu media Dakota sebesar 100%. 4) Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada materi pejumlahan dan pengurangan kelas I sebelum dan sesudah diterapkan model direct instruction dibantu media Dakota di SDI Hidayatul Mushsinin pada pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 21,43%, pada siklus I meningkat menjadi 71,42%, pada siklus II meningkat menjadi 100%.jadi kesimpulannya dengan Penggunaan model Direct Instruction dibantu Media Dakota untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Penjumlahan dan Pengurangan di SDI Hidayatul Muhsinin dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Direct Instruction en_US
dc.subject Media Dakota en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DIBANTU MEDIA DAKOTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN KELAS I DI SDI HIDAYATUL MUHSININ TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account