PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DIBANTU KARTU BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MATEMATIKA KELAS III DI MIN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author SYAFITRI, ETI AIDA
dc.date.accessioned 2025-01-22T01:02:49Z
dc.date.available 2025-01-22T01:02:49Z
dc.date.issued 2024-12-31
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5784
dc.description.abstract ETI AIDA SYAFITRI, Pengaruh Model Make A Match Dibantu Kartu Berpasangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Matematika Kelas III Di MIN 3 Pontianak. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Make A Match dibantu kartu berpasangan pada materi Matematika kelas III di MIN 3 Pontianak; 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Make A Match dibantu kartu berpasangan pada materi Matematika kelas III di MIN 3 Pontianak; dan 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match dibantu kartu berpasangan pada materi Matematika kelas III di MIN 3 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini kelas III di MIN 3 Pontianak berjumlah 120 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas A, B, dan C. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas IIIB sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan IIIC sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Uji Instrumen, Uji Deskriptif, Uji Prasyarat dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Make A Match masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre-test 51,50 dan nilai rata-rata post-test 66,25; 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Make A Match dibantu kartu berpasangan adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata pre-test 50,50 dan nilai rata-rata post-test 82,75; Dan 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match dibantu kartu berpasangan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Matematika kelas III di MIN 3 Pontianak, yaitu dari hasil uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Make A Match en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DIBANTU KARTU BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MATEMATIKA KELAS III DI MIN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account