dc.description.abstract |
ETI AIDA SYAFITRI, Pengaruh Model Make A Match Dibantu Kartu
Berpasangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi
Matematika Kelas III Di MIN 3 Pontianak. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam
Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta
didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Make A Match
dibantu kartu berpasangan pada materi Matematika kelas III di MIN 3 Pontianak;
2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran
Make A Match dibantu kartu berpasangan pada materi Matematika kelas III di MIN
3 Pontianak; dan 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match
dibantu kartu berpasangan pada materi Matematika kelas III di MIN 3 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
eksperimen semu dengan Nonequivalent control group design. Populasi dalam
penelitian ini kelas III di MIN 3 Pontianak berjumlah 120 peserta didik yang terbagi
dalam tiga kelas yaitu kelas A, B, dan C. Sampel dalam penelitian ini dipilih
menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas IIIB sebanyak 40 peserta
didik sebagai kelas eksperimen dan IIIC sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Uji
Instrumen, Uji Deskriptif, Uji Prasyarat dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas
kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Make A Match masih
tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre-test 51,50 dan nilai rata-rata post-test
66,25; 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran Make A Match dibantu kartu berpasangan adanya peningkatan,
dengan nilai rata-rata pre-test 50,50 dan nilai rata-rata post-test 82,75; Dan 3)
Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match dibantu kartu
berpasangan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Matematika kelas III
di MIN 3 Pontianak, yaitu dari hasil uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi
0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. |
en_US |